Good News

Rabu, 18 November 2015

Uraian Singkat: Malaikat di Sekitar Kita oleh hengki Wijaya

Buku yang dibaca                        : Malaikat di Sekitar Kita (Angels Dark and Light)
Jumlah Halaman                          : 243 Halaman
Penulis                                         : Gary Kinnaman
Penerbit                                       : Penerbit ANDI Yogyakarta, 1997

URAIAN UMUM
Kata bahasa Inggris untuk “angel” (malaikat) berasal dari kata anggelos, suatu istilah Yunani yang hampir dua ratus kali dalam Perjanjian Baru dan secara sederhana berarti “utusan”. Di dalam Perjanjian Lama, malak merupakan istilah yang paling sering dipakai untuk sebutan malaikat. St. Augustine menulis, “Malaikat-malaikat adalah roh, tetapi bukan karena roh makanya mereka malaikat. Mereka menjadi malaikat ketika mereka diutus, karena nama malaikat  menunjuk pada  tugas mereka, bukan sifat mereka”
                                  
Organisasi malaikat  sebagai berikut: malaikat-malaikat utama, malaikat, serafim, kerubim, kerajaan, pemerintah, penguasa, singgasana, kekuatan dan kekuasaan                
Delapan macam pekerjaan malaikat yaitu: (1) Para malaikat adalah utusan-utusan (Lukas 2:10;1 Tesalonika 4:16-17; Matius 28:5-7); (2)  Para malaikat adalah pengemban-pengemban Tuhan (Kis. 12:12); (3) Para malaikat menyediakan perlindungan dan kelepasan (Mazmur 91:11;Daniel 6:20-22); (4) Para malaikat membagikan pemeliharaan supraalami (Kejadian 21:16-19); (5) Para malaikat adalah roh-roh pelayan, pendeta-pendeta surgawi (Ibrani 1:14; Bil. 6:24-26;Markus 1:13); (6) Para malaikat membantu Tuhan membentuk sejarah (Daniel 10:12-13;Efesus 6:12); (7) Para malaikat baik membawa kabar-kabar  buruk (Kisah Para Rasul 12:21-23; Wahyu 8:10-11); (8)  Beberapa hal baik yang tidak dilakukan oleh para malaikat yaitu: malaikat-malaikat yang baik menolak untuk disembah; para malaikat tidak mahakuasa, mahatahu, atau mahahadir; para malaikat tidak melanggar kemauan bebas manusia.
Nama lain dari setan yang terkenal adalah si jahat, yang berarti “penuduh” atau “penyesat”. Iblis juga dikenal sebagai: si jahat (Mat. 6:13), musuh (Mat. 13:25,28,29), pembunuh (Yoh. 8:44), penyesat (Wahyu 20:10), Beelzebul (Mat. 9:34;12:24), Belial (2 Kor. 6:15), penguasa dunia (Yoh. 12:31), Lucifer atau bintang timur putra fajar (Yesaya 14:12), pangeran dari kuasa udara (Ef. 2:2; 6:12), naga besar (Wahyu 12:9), ular tua (Wahyu 12:9), Abaddon, apollyon, perusak (Wahyu 9:11), pencoba (Mat. 4:3).
 Menurut  Alkitab,  setan-setan yang berkaitan dengan si jahat itu sendiri adalah sepertiga dari populasi dunia roh (Wahyu 12:3-40). Beberapa teori tentang asal mula setan-setan itu berasa yaitu: pertama, malaikat-malaikat yang jatuh; kedua, perwujudan roh-roh suatu “peradaban yang hilang”; ketiga, Roh-roh bene ha’elohim  yang merupakan “anak-anak Allah”  dalam kejadian pasal 6; dan keempat, perwujudan roh-roh orang mati.
KEKUATAN BUKU
Kekuatan buku “Malaikat di Sekitar Kita” dalam versi bahasa Inggrisnya “Angels Dark and Light” terletak pada kesaksian-kesaksian dan pertemuan pribadi dengan malaikat-malaikat yang baik dan malaikat-malaikat jahat yang didukung oleh kebenaran Alkitab dan membandingkan dengan berbagai referensi tentang pertemuan dengan malaikat. Pekerjaan para malaikat yang bertujuan untuk  memuliakan Allah dan bukan untuk diri mereka sendiri. Buku ini juga menjelaskan tentang malaikat yang menyamar dalam kitab Perjanjian Lama yang menunjukkan bahwa malaikat yang menyamar itu belum tentu malaikat yang jahat, lain halnya dengan malaikat jahat yang menyamar menjadi malaikat terang.
Buku ini juga mengajarkan bagaimana cara melayani kelepasan dari roh-roh jahat, dirasuki setan, roh-roh nenek moyang dan roh-roh territorial. Kita juga diajarkan bagaimana mengenali malaikat-malaikat penyesat dan buku ini juga berisi tentang hasil penelitian SIGI yang berisi pertanyaan tentang malaikat baik dan malaikat jahat.
KELEMAHAN BUKU
Buku ini tidak menjelaskan tentang praktik okultisme dan keyakinan atau ramalan  tentang masa depan yang digunakan roh-roh jahat (demonisasi) sehingga manusia terjebak dalam dualisme yaitu percaya Tuhan dan percaya yang bukan Tuhan. Sebagai contoh tentang ramalan bintang, ramalan tangan, ilmu pernafasan untuk penyembuhan. Semuanya itu digunakan iblis untuk memperdayai manusia sehingga  menjadi pengikutnya dan jatuh dalam dosa.
PENGETAHUAN BARU
Buku ini menjelaskan tentang malaikat-malaikat di tepi kematian dalam hubungannya dengan kisah dalam Alkitab (Lukas 16:22;Ul. 34:5-6; 2 Raja 2:12; 2 Kor. 12:2-4). Alkitab menjelaskan secara tersirat adanya peranan malaikat-malaikat menjelang kematian. Buku ini juga memberikan pengetahuan baru tentang hubungan makhluk luar angkasa seperti UFO (Unidentified Flying Object) secara mengherankan memiliki penampilan seperti malaikat (berdasarkan Yehezkiel 1:15-21).  Buku ini menjadi menarik karena mencoba menganalisa UFO ini menurut pandangan Alkitab. Menurut saya, kebenaran sejati hanya ada dalam Alkitab.
RELEVANSI
Relevansi buku ini dapat digunakan sebagai buku referensi yang kekinian dan terbaru untuk meneguhkan kejadian-kejadian aneh atau supranatural tentang keberadaan malaikat-malaikat baik dan malaikat-malaikat jahat dalam kehidupan kita. Sebagai orang percaya seharusnya memercayai keberadaan mereka dan tentunya dapat membedakan roh-roh itu  yaitu malaikat yang baik , malaikat yang jahat dan juga malaikat yang menyamar  baik dan jahat dan mengetahui cara mengatasi malaikat jahat.
REKOMENDASI
 Buku ini direkomendasikan untuk setiap orang percaya yang ingin mengenal lebih dekat tentang malaikat baik dan jahat karena didukung oleh kebenaran Alkitab dan referensi yang akurat dan penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan.
Buku ini dalam  terjemahannya    terdapat  banyak kesalahan. Oleh karena itu saya rekomendasikan untuk direvisi kembali terutama mengenai salah pengetikan dalam buku ini.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar