Good News

Senin, 02 November 2015

Cara menginstall OJS (Open Journal System)

Sumber: https://dadanrs.wordpress.com/2012/05/31/cara-menginstall-ojs-open-journal-system-di-localhost/

Pengelolaan jurnal secara online bukan diartikan jurnal kita sudah mempunyai site saja namun lebih dari itu, proses bisnis yang terjadi akan dilayani oleh sebuah aplikasi yang dapat diakses oleh semua stakeholder. Disinilah peran OJS (Open Journal System) sebagai aplikasi open source berbasis web akan menangani berbagai proses bisnis. Pada tulisan ini kita akan memulai untuk menginstall OJS pada Server Lokal …
OJS (Open Jurnal System) adalah aplikasi open source berbasis bahasa pemrograman server-side PHP untuk menangani pengelolaan jurnal. Maka dengan OJS jurnal kita menjadi jurnal online yang tentunya Online tidak diartikan sempit hanya jurnal kita sudah mempunyao homepage atau alamat URL di internet tetapi lebih dari itu, semua aktor yang terlibat dalam terbitnya jurnal(penulis, editor, reviewer, dan sebagainya) akan menggunakan aplikasi ini secara online bisa jadi tanpa saling bertemu secara langsung namun terhubung dalam satu aplikasi yang dapat diakses secara global.



OJS harus terinstall pada web server, dan untuk memudahkan melakukan konfigurasi atau kita akan mencoba-coba aplikasi ini sebagai latihan sebelum aplikasi yang sebenarnya di install maka ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu pada server lokal di komputer kita.
Syarat pertama adalah kita sudah mempunyai webserver di komputer kita yaitu sudah terinstall Apache, Mysql dan PHP. Apabila belum terinstall maka daripada kita mengintall aplikasi tersebut satu persatu saya lebih suka menggunakan bundel yang mencakup Apache, MySQL dan PHP. Diantara aplikasi bundel tersebut adalah EasyPHP, PHPtriad, XAMPP, WAMP, WAMPP, Apache2triad, dan sebagainya. Beberapa saya sudah pernah menggunakannya namun akhir-akhir ini saya lebih suka menggunakan XAMPP.
Baiklah, saya anggap Webserver dah terinstall dan lebih jelas untuk menginstall aplikasi-aplikasi diatasi bila lebih lanjut lewat bantuan Google.
Untuk mengintall OJS, pertama-tama kita harus mengunduh terlebih dahulu source dari OJS versi terbaru langsung dari situs nya
http://pkp.sfu.ca/download
Pada saat tulisan ini dibuat OJS versi terbaru adalah versi 2.3.7 Current Stable Release (March 16, 2012).
Bahasa Indonesia bukan salah satu dari bahasa default yang disertakan dalam OJS. Jadi jangan heran apabila setelah mengunduh source OJS versi terbaru tidak mendukung bahasa indonesia didalamnya. Namun OJS mendukung pengalihbahasaan kedalam berbagai bahasa di dunia dan jangan khawatir ternyata sudah ada para volunteer yang telah berbaik hati menerjemahkan dalam Bahasa Indonesia dan untuk mendapatkan OJS yang support Bahasa Indonesia bisa didapatkan di link berikut:
http://pkp.sfu.ca/ojs-languages
Pada saat tulisan ini dibuat, OJS yang menyertakan bahasa Indonesia yaitu versi 2.3.6
Spesifikasi server yang dibutuhkan untuk menginstall OJS versi terbaru 2.3.7 ini adalah sebagai berikut:
    PHP 4.2.x or later (including PHP 5.x) with MySQL or PostgreSQL support
    A database server: MySQL 3.23 or later OR PostgreSQL 7.1 or later
    UNIX-like OS recommended (such as Linux, FreeBSD, Solaris, Mac OS X, etc.). OJS 2.0.2 and above supports Windows servers (including IIS).
Setelah kita mendownload file source OJS biasanya dalam bentuk file terkompresi misalnya: zip, tar, gz, rar, dan sebagainya. Oleh karena itu kita harus melakukan extracting file tersebut untuk mendapatkan file-file dan folder-folder resource OJS.

file file dalam ojs
Masukan paket file-file dan folder-foder tersebut ke dalam satu direktori pada webserver misalkan pada membuat folder baru bernama “jurnalku” dan copy ke folder htdocs pada XAMMP atau folder www pada WAMPP.
Selanjutnya pastikan webserver dan database server dalam kondisi aktif. Kemudian buka browser dan ketikan URL berikut :
http://localhost/jurnalku
atau
http://127.0.0.1/jurnalku
Bila tidak terjadi kesalah maka kita akan diantarkan pada halaman instalasi OJS. Lakukan pengisian form instalasi dengan mengisi data sesuai dengan OJS yang akan kita bangun, isiannya sangat umum seperti kita menginstall aplikasi-aplikasi open source berbasis PHP pada umumnya, namun disiniyang perlu diperhatikan adalah:
Primary locale: Pilihan bahasa yang akan disunakan sebagai default
Additional locales: Memilih bahasa tambahan. Bila kita akan menggunakan bahasa indonesia maka kita bisa mengklik checkbox pada pilihan bahasa Indonesia.
Pastikan userid dan password database anda benar. Apabila belum dilakukan perubahan bisa diberi user: root dan passwornya dibiarkan kosong.
Klik checbox create new database supaya secara otomatis sistem membangun database pada database server.
Directory for uploads: direktori untuk menyimpan file-file data jurnal. Pada saat instalasi pastikan diarahkan pada direktori yang benar, biasanya kita membuat folder terlebih dahulu misalnya dengan nama “datajurnal” pada main folder dan kemudian arahkan ke alamat ke file tersebut. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut:

menginstall ojs
Lakukan pengecekan isian form bila terjadi error (kesalahan) dan apabila sukses akan tampil halaman sebagai berikut:


Halaman yang tampil setelah instalasi sukses adalah halaman dengan desain kalsik dari OJS. Selanjutnya anda dapat login dengan username dan passord yang telah diisikan tadi untuk melakukan konfigurasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar