Good News

Selasa, 10 November 2015

Interaksi Buku DR. R.A. JAFFRAY Pelayanan dan Karyanya di China hingga Asia Tenggara (Hengki Wijaya)

Judul  Buku           : Jason Stephen Linn, DR. R.A. JAFFRAY Pelayanan dan Karyanya di China hingga Asia Tenggara (168 halaman)

Pada suatu kali Rev. Jaffray dimaki-maki oleh salah seorang editor selama berjam-berjam. Namun, ia diam saja. Bahkan, ketika ia melihat orang itu terlalu lama memaki-maki, sambil tersenyum ia menyajikan secangkir teh kepadanya, lalu berkata, “Saudara sudah terlalu lelah. Minumlah teh ini agar dapat menyejukkan mulut dan lidah Saudara.” Tindakannya ini seolah-olah menaruh bara api di atas kepala orang itu. Menurut penilaian saya bahwa Rev. Jaffray seorang yang lemah lembut, sabar, memiliki daya kerja yang luar biasa, kepekaan rohani, berhikmat, bertalenta kepemimpinan, serta memiliki pengaruh yang besar. Beliau dapat memahami orang lain walaupun orang lain itu sementara memarahinya. Kasih R.A. Jaffray adalah murni, tidak berprasangka, tidak bermaksud jahat, tidak ada diskriminasi. Beliau memiliki kasih tanpa syarat, mengasihi orang yang pernah memusuhinya.

Rev. R.A. Jaffray adalah orang yang beriman teguh kepada Tuhan. Ia sungguh beriman kepada kesembuhan ilahi, dan bila beliau sakit maka dia beriman untuk tidak makan obat. Rev. R.A. Jaffray  adalah seorang yang memiliki ketaatan kepada setiap panggilan Tuhan dan suka bergumul dengan Tuhan. Berdoa dan bermeditasi yang teratur jam 3 dini hari. Hati R.A. Jaffray tidak goyah demi tujuan yang dikehendaki oleh Tuhan melalui desakan Roh Kudus-Nya.
Visi itu seperti penglihatan yang yang dijumpai oleh Musa ketika berada di Gunung Horeb. Pada saat itu Allah berfirman kepada Musa, “…Aku telah memerhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya…” (Keluaran 3:7-8). Menurut pendapat saya, Rev. R.A. Jaffray  adalah seorang visioner futuristik yang memiliki pandangan yang lebih jauh dan memiliki karunia kenabian yang sesudah mendengar suara-Nya, ia langsung menaati dan meletakkan segala hal yang lain. Bahkan, hal-hal yang paling disukainya pun dilupakannya. Hubungan beliau dengan rekan sekerja Allah terjalin harmonis. Rev. R.A. Jaffray melakukan visi Tuhan tidak berdasarkan dengan keuangan lembaga misinya, tetapi kehendak Tuhan yang didengarnya melalui Roh Kudus yang mendesak hatinya.  Rev. R.A. Jaffray lebih taat kepada suara Tuhan, walaupun rekan sekerjanya tidak setuju dengan pandangannya. Kehendak Tuhan yang menghasilkan buah pelayanan.
Motivasi pelayanan beliau adalah terbeban dengan pelayanan dengan semangat yang tinggi dan tidak menganggap remeh sebuah pelayanan yang kecil. Dia berkata “ Daripada saya duduk di dalam kantor dan memerintah, lebih baik saya ada di ujung tombak untk menyelamatkan banyak jiwa.” Bagi seorang Jaffray di dunia ini tidak ada sesuatu yang lebih berharga daripada menyelamatkan jiwa dan tidak ada pekerjaan yang lebih mulia daripada memberitakan Injil. Semua penderitaan yang dialaminya itu adalah kehendak Tuhan yang indah. Karena Tuhan sangat mengasihi beliau dan Ia mengizinkan beliau mengalami banyak penderitaan dalam pelayanannya.

Pelayanan yang kontekstual diterapkan dengan belajar bahasa dan budaya setempat.  Tiga Prinsip Pelayanan beliau adalah ketaatan, kerja sama dan kerajinan. Rencana Penginjilan adalah perkenalan, penginjilan, pengorganisasian dan pembinaan. Rahasia kemenangan Jaffray adalah berdoa dan bersandar kepada Tuhan, orang yang cerdas dan cermat, dan orang berkarakter (sabar, teguh, ulet, tekun, tidak takut menghadapi kesulitan).  Ini membuatnya menjadi seorang pemenang. Rahasia doa Jaffray adalah “doa yang tanpa suara dan tanpa bicara” artinya penyerahan sepenuhnya kepada Tuhan dan untuk mendengar suaraNya. Dalam doa kita mendapatkan kekuatan dan hikmat baru.

1 komentar:

  1. Hallo Bang / Kak. Apakah ounya buku Dr R A Jaffray mengenai "Pelayan dan karyanya" jika ada sy berniat utk pinjam.Karena sy cari di toko2 buku sudah tdk ada. Terimakasih

    BalasHapus