Good News

Selasa, 10 November 2015

Ringkasan Buku 100 peristiwa penting dalam sejarah Kristen (Hengki Wijaya)

Judul  Buku           : A. Kenneth Curtis, J. Stephen Lang dan Randy Petersen 100 peristiwa penting dalam sejarah Kristen (170 halaman)

George Fox mendirikan Society of Friends (1648). Dalam usahanya mencari kedamaian spiritual, Fox mengunjungi banyak penasihat, tetapi tak ada seorang pun yang dapat membantunya. Pada suatu hari, tahun 1647, ada suara yang mengatakan, "Ada satu, yaitu Yesus Kristus, yang dapat berbicara tentang kondisimu." Hal itu membawa perubahan pada Fox, yang sejak itu mendedikasikan dirinya untuk mengikuti terang yang ada pada dirinya (Inner Light) yang telah diberikan Allah dan pada setiap orang yang menerima-Nya. Semua orang Kristen, semua sahabat Yesus mempunyai akses langsung kepada Allah. Fox mengajarkan bahwa dengan mengikuti terang yang telah dianugerahkan Allah, siapa pun dapat melumpuhkan kekuatan setan dan cengkeraman dosa.  Ajaran-ajaran Fox yang sederhana tetapi juga keras menarik banyak peminat. Para sahabat (Friends), sebutan bagi mereka, meninggalkan tradisi bersumpah, berpakaian sederhana, makan hati-hati dan bicara dengan jujur. Mereka menentang keterlibatan dalam peperangan. Meskipun ditentang pemerintah, mereka memprotes segala formalitas kebaktian, mereka menolak mengangkat topi bagi siapa pun, mereka tidak membayar persepuluhan (merupakan pajak penghasilan, di Inggris) pada gereja negara. 

William Carey berlayar menuju India (1793). Tiga Minggu setelah uraian itu diterbitkan, perkumpulan para pendeta mengundangnya untuk menjelaskan kepada mereka. Teks Carey: Yesaya 54:2, 3: "Lapangkanlah tempat kemahmu ...." Temanya: "Nantikanlah perkara-perkara yang agung dari Allah; upayakanlah hal-hal besar bagi Allah." Namun para pendeta tersebut tidak memberi tanggapan. Menjelang berakhirnya pertemuan tersebut, dalam frustrasinya Carey berseru, "Apakah tidak ada lagi yang dapat dilakukan?" Mengapa ia tidak mencari orang lain saja yang mau mengambil bagian dan melakukan visinya? 
Adoniram dan Ann Judson berlayar menuju India (1812). Enam tahun sebelumnya, tak seorang pun menduga bahwa baik Ann maupun Adoniram akan terjun ke dalam tugas-tugas misi. Ann adalah seorang yang berkemauan keras, berinisiatif sendiri dan seorang remaja yang riang. Adoniram seorang yang agak pemarah tetapi pemuda yang cerdas, yang dibesarkan secara religius, namun terhanyut ke dunia panggung di New York. Tulisan-tulisan Hannah More dan John Bunyan telah membawa Ann lebih dekat kepada Allah. Bagi Adoniram, yang membuatnya semakin dekat kepada Allah ialah kematian mendadak seorang teman kuliahnya yang pernah membujuknya menolak kekristenan. Pada tahun 1808, Adoniram pulang ke Boston dan mengabdikan dirinya kepada Kristus. Tanggapan: Setiap orang yang terpanggil akan misi akan mendapat penyataan dari Tuhan sendiri dan panggilan misi adalah kehendak Tuhan.

Hudson Taylor tiba di Cina (1854). Taylor terpaksa membuat peraturannya sendiri. Salah satunya berkenaan dengan berpakaian seperti orang China. Rekan-rekannya dari Inggris kaget, namun Taylor mempunyai alasan tersendiri. Saya sangat puas bahwa pakaian adat ini merupakan sarana mutlak bebas, tulisnya.Menetap dengan tenteram di antara orang-orang itu, mendapatkan komunikasi yang ramah dan tidak tegang dari mereka, menghilangkan prasangka mereka, meraih penghargaan dan kepercayaan mereka, dan hidup sebagai panutan bagi mereka tentang bagaimana seharusnya keberadaan seorang China Kristen, semuanya perlu menggunakan bukan saja pakaian ini, tetapi juga kebiasaan mereka. Kapel-kapel yang tampak asing, dan sesungguhnya memberi iklim asing bagi semua yang berkaitan dengan agama, telah menjadi penghalang besar bagi penyebaran kebendran di antara orang-orang China. Tetapi mengapa agama Kristen harus diberi aspek asing? Firman Allah tidak membutuhkan itu. Yang kita butuhkan bukan pelepasan (adat) kebangsaan mereka, tetapi pengkristenan mereka. Tanggapan: seringkali kita terlalu memerhatikan adat mereka tanpa memerhatikan keselamatan pribadi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar