Good News

Kamis, 05 November 2015

Info: Apa yang dapat membuat kerusakan fungsi hati

Organ Vital
Hati adalah organ yang vital bagi tubuh manusia dan vertebrata hewan bertulang belakang. Fungsinya antara lain: menawarkan dan menetralisir racun, mengatur sirkulasi hormon, mengatur komposisi darah yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain. Hati juga membuat empedu, zat yang membantu pencernaan lemak.


Hepatitis: Peradangan pada Hati
Hepatitis biasanya terjadi karena virus, baik hepatitis A, B, C, D atau E. Penyebab hepatitis non-virus yang utama adalah alkohol dan obat-obatan. Orang juga bisa tertular melalui penyuntikan obat terlarang, terutama hepatitis C. Di negara berkembang metode penularan bisa melalui transfusi darah dan prosedur medis yang tidak aman.

Dampak Alkohol
Hati sebenarnya memiliki kemampuan memperbaiki diri sendiri jika terjadi kerusakan. Namun, zat beracun tertentu seperti yang dikandung alkohol, menyebabkan kerusakan permanen setelah paparan dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang lama. Penyalahgunaan alkohol berpotensi memicu tiga penyakit hati yaitu ‘fatty liver’, hepatitis dan sirosis hati.

Gejala Penyakit Liver
Jika terserang penyakit liver, sejumlah gejala tampak. Antara lain: kulit dan mata akan berwarna kekuning-kuningan. Air kemih yang dikeluarkan berubah menjadi warna kuning gelap atau kuning pekat disertai bau yang menyengat. Beberapa orang juga mengalami penurunan nafsu makan, bahkan sampai kehilangan nafsu makan.

Obesitas dan Dampaknya
Jaman sekarang orang bisa menderita obesitas karena hidup yang terlalu nyaman. Namun tingginya kadar lemak di tubuh juga menyebabkan pelemakan pada hati. Lemak yang tertimbun pada sel-sel hati akhirnya akan mengganggu fungsi hati. Bahayanya, pelemakan hati tidak terlihat, sehingga ketika terdeteksi biasanya sudah terlambat.

Bagaimana Mencegah Kerusakan Hati
Hidup sehat sangat penting. Makan secukupnya dan makan yang sehat. Selain itu, banyak bergerak dan berolahraga. Jika sudah terkena penyakit, orang sebaiknya memperhatikan makanan sebaik mungkin. Sayuran sebaiknya dikukus agar vitaminnya tidak hilang. Dianjurkan antara lain: wortel, bayam, brokoli. Hindari buah yang terlalu asam, juga makanan berlemak, dan alkohol.

http://www.dw.com/id/6-kebiasaan-buruk-yang-ganggu-fungsi-hati/g-18456402

Tidak ada komentar:

Posting Komentar