Good News

Jumat, 06 November 2015

Khotbah: Nubuatan Daniel atas datangnya Mesias Daniel 9:24-27

25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan.

Nubuatan Kitab Daniel 9:26 sudah digenapi dalam diri Yesus sebagai seorang yang diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa.  


http://shinelightshines.blogspot.co.id/p/70-x-7-masa-di-kitab-daniel.html


Mari kita lihat ’starting point’ nya yang terdapat di:
Ayat 25: Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.

Firman di sini tidak harus Tuhan yang menyebutkan, dalam bahasa Ibrani firman itu bisa manusia yang ucapkan artinya ’dekrit’ atau ’surat perintah’.  Apa isi Surat Perintahnya?  Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali.  Kapan itu?

Sekarang kita tinggal ubek-ubek dalam sejarah waktu Bait Allah lagi rusak gara-gara Babel maka kita dapati 3 PILIHAN INI:

1. Dekrit Koresy tahun 537 SM?
2. Dekrit Artahsasta kepada Ezra tahun 457 SM?
3. Dekrit Artahsasta  Longimanus kepada Nehemia tahun 445 SM?

Di jaman pemerintahan Persia dan Babel maka yang paling masuk akal adalah Dekrit Artahsasta  Longimanus kepada Nehemia tahun 445 SM, karena hanya Raja Artahsasta yang di tahun 445 SM memerintahkan agar Yerusalem, Bait Allah dan seluruh kota, seluruh negara dibangun kembali.  Ini Dekrit yang paling lengkap dibandingkan dengan 2 lainnya.

Kita bisa ceck ini di Kitab Nehemia 2, karena Dekrit itu diberikan oleh Raja Artahsasta kepada Nehemia yang melayaninya sebagai juru minum.  Dekrit ini diberikan oleh Raja Artahsasta Longinmanus kepada Nehemia tahun 445 SM di tahun ke-20  pemerintahannya.

Itu sebabnya Nehemia berkata begini:
Nehemia 2:8: Pula sepucuk surat bagi Asaf, pengawas taman raja, supaya dia memberikan aku kayu untuk memasang balok-balok pada pintu-pintu gerbang di benteng Bait Suci, untuk tembok kota dan untuk rumah yang akan kudiami. Dan raja mengabulkan permintaanku itu, karena tangan Allahku yang murah melindungi aku.

Kita lihat bukan hanya kota yang dibangun tetapi masyarakatnya pun ikut dibangun, jadi sebenarnya perintah ini untuk membangun sebuah kota, bangsa dan negara yang berdaulat.  Artahsasta berkata, ”Nehemia silahkan pulang kembali bangun negaramu, aku bebaskan kamu sekarang jadilah negara merdeka kembali.” Itu maksudnya.  Suatu perintah yang lengkap.

Di kasih tahu Yerusalem akan dibangun dan dipulihkan kembali selama 7 shebua atau 7 x 7 tahun = 49 Tahun dan kemudian dari saat itu sampai kedatangan seorang yang diurapi ke Yerusalem untuk disalibkan ditambah lagi sebanyak 62 shebua yaitu 62 x 7 tahun  maka genap 434 tahun.

Tinggal kita tambah ini dari perintah untuk membangun Yerusalem sampai Yesus datang ke Yerusalem, kita lihat di jaman Nehemia  Bait Allah dibangun kembali untuk apa?  Ternyata untuk menunggu Yesus datang.  Coba kalau tidak dibangun kembali Yesus datang ke bumi, Israel tidak ada, Yerusalem tidak ada, Bait Allah tidak ada.  Nah, saudara lihat semua selalu disiapkan untuk kedatangan Tuhan.

Sampai datangnya orang yang diurapi tinggal kita hitung matematikanya: 49 + 434 = 483 Tahun. Sudah 483 tahun terpakai tinggal 7 tahun lagi dari 490 tahun.

Saudara tahu, salah satu kesalahan kita di waktu yang lalu untuk membuat matematika seperti ini menggunakan kalender International, ini keliru sebab di Alkitab kalender International tidak pernah dipakai melainkan yang dipakai adalah kalender Yahudi.  Di kalender Yahudi perhitungannya beda karena mereka menggunakan perhitungan matahari dan bulan dijadikan satu jadi per tahunnya bisa dipukul rata menjadi 360 hari.

Jadi STARTnya àYerusalem di bangun selama 49 tahun.  Selesai terus sampai Mesias datang ke Yerusalem dan disalibkan 434 tahun jadi = 483 tahun.  Jadi dari 490 tahun tinggal 7 tahun tetapi ternyata Tuhan belum datang juga?

Ternyata setelah 483 tahun jam-nya Israel di STOP oleh Tuhan lalu Tuhan keluarkan jam baru dan jam itu namanya JAM GEREJA.  Dan ketika jam gereja ON maka masa itu disebut MASA RAHASIA dan ini merupakan masa kebutaan buat orang Israel makanya susah sekali mereka menerima Mesias di jaman ini.  Justeru Tuhan lagi berkati gerejaNya untuk membuat mereka menjadi cemburu tetapi ini adalah masa yang tidak bisa mereka lihat, ini masa rahasia.

Nah, jam yang bergulir sampai sekarang yaitu 2014 tahun dan tanda-tanda sudah menunjukkan kita sudah berada di perbatasan jam gereja untuk masuk ke sisa jam Yahudi lagi yaitu masa sakit bersalin.

Tuhan Yesus berkata, ”Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang...”

Jadi kalau kita sudah mendengar tentang hal-hal ini maka kita sudah mendekat ke ’Starting Point’ jam 7 tahun terakhir dari jamnya Yahudi.  Jam gereja masih berbunyi, sewaktu-waktu ini ’klik’ maka gereja harus naik ke atas (rapture) karena sudah masuk ke jam Yahudi lagi.

Kita bisa ceck di Kitab Wahyu, selama 7 tahun ini yang muncul adalah pahlawan-pahlawan orang Yahudi, 2 saksi yang pelayanannya seperti Elia dan Musa, bisa panggil api dari langit bisa ubah air menjadi darah, 144.000 orang Yahudi yang dimeteraikan masing-masing 12.000 dari setiap suku, dsbnya.  Mana gereja?  Kenapa tidak kelihatan?

Dalam Kitab Wahyu keberadaan Gereja hanya sampai di pasal 3 selanjutnya kita lihat jaman Yahudi (7 tahun terakhir), jadi ini yang Yesus maksudkan permulaan masa sakit bersalin gereja akan diangkat, akhir dari masa bersalin Tuhan akan kembali dengan membawa gerejaNya menghakimi bangsa-bangsa yang setia dan tidak menerima tanda binatang selama 7 tahun akan masuk dalam 1000 tahun damai, yang tidak setia dan terima tanda binatang akan dilemparkan ke dalam lautan api.  Tetapi kita sudah masuk dalam Perjamuan Kawin Anak Domba dan akan kembali bersama Dia sebagai mempelaiNya dan sesudah itu Kerajaan 1000 Tahun Damai.

Kalau Tuhan tidak sisipkan jam gereja sebetulnya jam Yahudi sudah selesai sebentar saja, yaitu sejak Artahsasta memberikan Dekritnya tahun 445 SM, Yesus disalibkan di tahun 32 M lalu 7 tahun kemudian selesai.  Tapi ada rahasia yang Tuhan sisipkan di tengah-tengah itu yaitu JAM GEREJA.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar