Good News

Jumat, 06 November 2015

Ayo kuliah Doktor Teologi By Hengki Wijaya

Ayo kuliah Doktor Teologi. Ini sebuah ajakan bagi Alumni Magister Theologi STT  Jaffray di mana pun berada. Apalagi kalau Anda seorang pengajar dan dosen wajib hukumnya untuk melanjutkan kuliah doktor. Tentu Anda bertanya untuk apa saya kuliah lagi? Karena nyatanya saya sudah punya pelayanan dan tempat untuk mengajar dan ekspresikan keilmuan dan wawasan serta pengalaman ke dalam wadah yang sudah ada saat ini.  Saya mengajak Anda untuk kuliah ini adalah karena beberapa pertimbangan di masa yang akan datang.. Wujud dari tulisan ini adalan pandangan pribadi, tetapi ini juga berdasarkan pandangan yang saya terima dari membaca dan merenungkan. Tapi saya ingatkan Anda untuk bertanya sebelumnya kepada TUAN Anda yaitu Tuhan Yesus untuk merestui Anda untuk lanjut kuliah doktor supaya Anda ada dalam jalur yang benar dan bukan terlihat benar. Ada beberapa nasihat, saran atau apapun namanya untuk membahasakan isi hati saya kepada Anda yang membaca artikel ini.


Mengapa Anda harus melanjutkan kuliah?
Mungkin memang itu adalah kehendak Tuhan bagi saudara. Jadi mari lengkapi Anda dengan pengetahuan dan wawasan keilmuan yang lebih bermanfaat lagi serta dituntun leh hikmat Allah yang Maha Tinggi (Roh Kudus). Anda mungkin suka belajar dan usia juga tidak membatasi kita untuk terus-menerus belajar. Banyak hal keuntungan bila Anda terus-menerus belajar karena Anda terus bergantung sepenuhnya dengan hikmat-Nya dan terus berharap supaya semuanya dapat berlalu. Jadi tidak sekadar memiliki gelar dan mengajar seperti orang yang tidak bisa mengajar. Informasi teknologi dan keilmuan sangat mudah diakses melalui gadget, namun pemahaman keilmuan itu hanya didapat dari pemikiran manusia yang terus berkembang akibat dari keinginan untuk terus belajar. Kuliah doktor sekarang adalah lebih baik dari masa yang lalu. Saat yang lalu harus mengikuti ujian negara, tetapi saat ini dengan terakreditasinya sebuah program studi maka tidak ada lagi ujian negara. dengan demikian sangat banyak menghemat biaya yang dapat digunakan untuk membeli buku dan jurnal untuk keperluan disertasi. Bila Anda seorang dosen maka itu wajib untuk kepangkatan akademik dan jabatan serta akses untuk melakukan penelitian dengan mendapatkan hibah dan lain-lainnya.

Mengapa memilih kuliah doktor di STT Jaffray?
Memilih di STT Jaffray karena ini Almamater Anda. Siapa lagi yang akan mengisi bangku kuliah kalau bukan saudara yaitu Alumni STT Jaffray. Kalau Anda dapat ke luar negeri berarti Anda lebih bisa lagi bertumbuh pesat dan menjadi kebanggaan bagi almamater. Tetapi bila di Indonesia jadikan S3 Doktor Teologi STT Jaffray sebagai piliha,. Jangan memilih sekolah yang memudahkan Anda untuk lulus. Artinya ikutilah prosedur dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah melalui Dikti, Kemenag dan lainnya yang dianggap resmi oleh negara. Kuliah doktor di STT Jaffray adalah kuliah intensif yang pelaksanaannya selama hampir sebulan dan sangat padat. Jadi siapkan fisik dan mental Anda. Jadi tidak ada alasan tidak lanjut kuliah Doktor hanya karena sibuk pelayanan, mengajar dan lainnya. Biaya kuliah yang tidak mahal (totalnya per 2015 adalah Rp 60.000.000,-) di luar penginapan, buku, biaya hidup dan sebagainya. Biaya itu sudah termasuk wisuda. Ajaib benar Tuhan kita Yesus Kristus. Tentu Anda berminat karena saya saja berminat. Waktunya adalah 3 tahun sudah termasuk penelitian dan disertasi.  Tentu diajar oleh pendidik yang berintegritas dan mampu di bidangnya. Siapa saja mereka? Mereka adalah:
Dr. Daniel Ronda (Preaching, Teologi praktika dan Komunikasi Pastoral); Dr. Peniel Maiaweng (spesifikasi adalah Perjanjian Lama dan Biblika); Dr. Ivan Th. Weissman, M.Hum ( spesialisasi sosial, filsafat, PAK); Made Astika, Ph.D (Sistematik teologi dan doktrin gereja); Rev. Andrew Brake, Ph.D (sejarah gerja dan teologi PB; Dr. Jermia Djadi (teologi pertumbuhan gereja, penggembalaan).
Suasana akademik kampus yang sejuk dan jumlah mahasiswa doktor yang sedikit memungkinkan keakraban dan situasi akademik dapat dirasakan secara indah bersama pengajarnya.


Jadi apalagi yang Anda tunggu sudah saatnya Anda kuliah Doktor, kami tunggu Anda tahun depan. Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar