Good News

Minggu, 18 Maret 2018

Bab 21 Ramah oleh David Isaacs



Bab 21
Ramah

Orang yang ramah bisa memanfaatkan dan menemukan cara untuk bertemu dengan orang yang berbeda; dia berhasil berkomunikasi dengan mereka melalui minat tulus yang dia tunjukkan di dalamnya, apa yang mereka katakan, dalam apa yang mereka lakukan, dalam apa yang mereka pikirkan dan rasakan.

Kita akan melihat empat aspek pengembangan kebajikan ini:
1)        Bagaimana mendidik anak sehingga mereka belajar bergaul dengan baik dengan sekelompok orang dan tertarik pada mereka,
2)        Bagaimana mengembangkan kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan orang lain,
3)        Cara memanfaatkan sebaik-baiknya dan menciptakan cara yang baik untuk bersosialisasi,
4)        Bagaimana menghubungkan keramahan dengan solidaritas.


1. Bergaul dengan baik dan tertarik pada orang lain
Untuk menilai, apa yang telah kita katakan sejauh ini adalah bahwa untuk mengembangkan kebajikan ini maka orang tua  harus:
1)        Perkenalkan anak-anak mereka, dari usia dini, ke kelompok-kelompok di luar keluarga di mana mereka akan mendapatkan kesempatan untuk mempelajari peraturan permainan;
2)        Bantu mereka mengatasi rasa malu apa pun yang mereka miliki, memberi mereka dukungan penuh kasih sayang dan menjelaskan kepada mereka aturan permainan untuk bergaul dengan baik dengan orang lain;
3)        Bantu mereka untuk mengenali bahwa setiap orang, dengan penyatuan, menarik: mereka harus mencoba 'menarik keluar' setiap orang dengan kualitas terbaiknya, sejajar dengan mengembangkan persahabatan yang lebih dekat.

2.   Berkomunikasi dengan orang lain
Dalam menggambarkan kebajikan ini di awal, kami mengatakan bahwa ini adalah masalah berkomunikasi dengan orang lain berdasarkan minat dan perhatian yang ditunjukkan oleh mereka, ketertarikan pada apa yang mereka katakan, dalam apa yang mereka lakukan, dalam apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Namun, Anda tidak dapat menunjukkan minat ini kecuali jika Anda belajar mengungkapkannya secara lisan dan melalui isyarat. Anda juga tidak bisa menawarkan pemikiran lain kepada orang lain, dengan cara apa pun yang menarik perhatian mereka, kecuali jika Anda memiliki kemampuan ini. Ini adalah masalah mengetahui bagaimana mengajukan pertanyaan dan memiliki kemampuan untuk mengatakan hal menarik kepada orang lain adalah cara yang menyenangkan. Menurut saya sebenarnya lebih penting untuk belajar mengajukan pertanyaan daripada menceritakan hal-hal lain - meskipun, tentu saja, harus ada keseimbangan.

3. Membuat penggunaan yang baik dan menciptakan cara untuk bersosialisasi
Kami telah merujuk, melewati berbagai situasi yang merupakan jalur alami untuk pengembangan kebajikan keramahan, seperti misalnya keluarga sendiri, keluarga teman, dan sekolah. Namun, keramahan dapat dipromosikan dengan menciptakan saluran lain atau mengeksploitasi yang diciptakan orang lain.

4. Keramahan dan solidaritas
 Pada titik ini mungkin akan baik untuk melihat sedikit lebih jauh pada hubungan antara keramahan dan solidaritas. Solidaritas adalah ide yang sangat modis akhir-akhir ini; itu biasanya berarti dukungan yang berbeda-beda orang dengan kepentingan bersama saling memberi satu sama lain untuk mempertahankan atau mendapatkan hak mereka.
   Dari apa yang telah kita katakan, bisa dilihat bahwa keramahan harus didasarkan pada rasa hormat yang mendalam terhadap orang lain. Dan rasa hormat ini berarti tidak hanya orang yang harus berhati-hati bagaimana seseorang bertindak agar tidak menyakiti orang tapi juga orang harus mencoba secara positif untuk membantu mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar