Good News

Minggu, 18 Maret 2018

Bab 13 Kerja Keras/Rajin oleh David isaacs


Bab 13
(Kerja Keras) Industriousness

Pribadi kerja keras melakukan sesuatu yang cerdas khususnya esensi pencapaian kedewasaan alamiah dan supernatural, dan membantu sesama untuk melakukan hal yang sama dalam kehidupan setiap hari dan pemenuhan tugas-tugas lainnya.

            Motivasi utama kerja keras berdasarkan kasih (cinta). Kemampuan tindakan yang bergantung pada kasih yang dilakukan oleh seorang yang memapukan dirinya untuk mengasihi; dia mengetahui bagaimana mengasihi dan bersedia untuk mengasihi. Dengan demikian, kerja keras dan rajin berkombinasi menjadi bentuk suatu karakter “Rajin” berasal dari kata diligo (Latin) yang artinya mengasihi, apresiasi, memutuskan sesuatu sesuai dengan pertimbangan dan perhatian. Manusia yang rajin tidak tergesa-gesa dengan sesuatu. Dia melakukan pekerjaannya dengan kesungguhan dan kesukaan.
            Pekerja keras adalah seorang yang mempertimbangkan pemenuhan kewajiban setiap hari sebagai ladang yang subur untuk mencapai kedewasaan pribadi yaitu keduanya baik secara alamiah dan supernatural.


1. Kerja dan tugas lainnya
Hal ini penting untuk menyadari bahwa kerja keras adalah bukan saja kebajikan yang dikembangkan hanya dalam lingkup pekerjaan sehari-hari, atau sejenis pekerjaan. Kata “kerja” dapat dipahami sebagai gambaran suatu kumpulan aktivitas yang keras, disiplin, produktivitas, dan tertuju pada beberapa tujuan yang sama.
            Misalnya aturan internal sebuah sekolah berusaha untuk mengatur hubungan antara guru dan murid sehingga mereka bisa berjalan dengan baik. Keutamaan ketertiban membantu setiap orang untuk menghargai dan mematuhi norma-norma ini. Tentu saja, tindakan ini bisa dilakukan dengan teknik yang sangat baik tanpa menyadarinya; seseorang juga bisa melakukan pekerjaan dengan cara lama tanpa mengkhawatirkannya.

2. Melakukan sesuatu dengan rajin
            Melakukan sesuatu dengan rajin, bagi semuanya kita harus melakukannya. Apakah kasih yang memperkenankan kita utuk melakukannya, apakah kasih yang memotivasi sepenuhnya? Atau sesuatu yang kita harus lakukan dengan baik, apakh kita dapat bekerja dengan kasih?
            Kasih tidak hanya ditemukan dalam motif pribadi yang dalamnya  kita bekerja, mengapa kita bekerja, (orang muda mencoba melakukan pekerjaan sebaik orang tua atau dapat membantu beberapa teman/rekan), tetapi juga sejauh mana pekerjaan itu sendiri sesuai dengan norma-norma yang beberapa hal mencerminkan nilai-nilai permanen (apresiasi sebuah puisi dipersiapkan dengan nasihat yang diberikan oleh seseorang guru, misalnya); Dalam contoh ini kita mendapatkan kombinasi nilai dari hal-hal seperti ketertiban, keindahan, dan lain-lain, yang menyiratkan apresiasi yang baik.

3. Masalah yang terlibat dalam menyelesaikan sesuatu
Rajin berarti: 1) mengetahui standar yang berlaku agar bekerja dengan baik dilakukan dalam setiap kasus tertentu; 2) cukup termotivasi untuk melakukan upaya yang diperlukan; dan 3) memiliki cukup serangkaian pengembangan dan kemampuan tambahan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tertentu dengan benar.Dalam mengacu pada aspek-aspek ini, kita tidak hanya memikirkan pelajaran anak-anak tetapi juga tentang tugas lain yang mereka miliki di rumah atau dalam hubungan dengan teman mereka dan masyarakat luas.
Bagaimana anak-anak akan melakukan sesuatu dengan baik jika mereka tidak tahu apa artinya ‘baik’? Terkadang kita pendidik bertanya kepada orang mudauntuk melakukan sesuatu tanpa memberi mereka indikasi yang jelas tentang apa yang kita harapkan dari mereka. ‘Apa yang kita harapkan dari mereka’ menimbulkan pertanyaan lain. Bila kita memberikan indikasi ini, sampai titik mana mereka sebenarnya adalah instruksi yang benar-benar dibutuhkan anak agar sesuai dengan standar esensial atau sampai sejauh mana pendapat mereka sebenarnya? Misalnya, tugas anak-anak berkaitan dengan ketertiban dan kebersihan pribadi: apakah itu masalah untuk memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan, atau haruskah kita mencoba memberi alasan bagi mereka pentingnya hal-hal ini dan menyerahkannya kepada mereka untuk menyelesaikannya dengan tepat. Apa yang harus dilakukan? Akal sehat kita akan menyarankan bahwa dengan anak kecil kita perlu menguraikan beberapa peraturan karena anak perlu belajar dari orang tuanya apakah ia melakukan sesuatu dengan cara yang benar atau tidak. Tapi begitu anak itu bisa sedikit beralasan dan menetapkan standar sendiri, peran orang tua lebih banyak membuat dia berpikir daripada menguraikan dengan tepat apa yang harus dilakukannya.
Orang muda membutuhkan informasi yang lebih jelas apalagi mereka tahu tentang apa yang harus mereka lakukan. Dan mereka membutuhkan lebih banyak informasi aktivitas yang lebih kompleks secara teknis. Bagi remaja untuk memasang radionya sendiri, dia memerlukan sedikit informasi.

4. Masalah Motivasi
            Motivasi untuk bekerja keras datangnya dari penemuan kualitas dan kemampuan oleh dirinya sendiri dan pengakuan eksplisit mereka oleh guru mereka. Sebagai contoh beberapa kasus anak muda tidak melakukan pekerjaannya dengan baik karena gurunya tidak melihat produk akhir yang menunjukkan bahwa guru tidak memberikan banyak nilai pada karya mereka.
            Sekarang kita dapat mengajukan pertanyaan yang mengacu pada pendekatan orang tua: Haruskah orang tua mengajukan tuntutan dan memotivasi anak dari luar atau haruskah mereka khawatir untuk membantunya menemukan motif pribadi sendiri untuk bekerja?
Tidak ada jawaban untuk pertanyaan ini. Kedua pendekatan itu perlu, namun kemampuan untuk bekerja keras terutama tergantung pada kesadaran seseorang tentang apa yang sedang dilakukannya. Menjadi pekerja keras berarti menunggu untuk melakukan usaha dan saya ingin ketika saya ingin menjadi orang yang saya inginkan. Apa yang menstimulus anak diketahuimelalui bagaimana melakukan pekerjaan dan memiliki kemampuan melakukan hal ini secara mandiri. Tekanan luar adalah salah satu cara untuk mengembangkan ketabahannya, namun kebajikan kerja keras mencakup keinginan pribadi untuk melayani orang lain.
Motivasi utama untuk melaksanakan pekerjaan adalah sifat manusia: bahwa hal itu memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan dirinya dengan caranya sendiri dalam konteks tertentu; Ini memungkinkan mengembangkan kualitas dan kemampuan tertentu; dan itu membawanya dewasa secara alamiah dan supranatural.
Ada dua cara untuk memastikan bahwa tindakan menjadi sesuatu yang dirasakan seseorang tentang pribadi: (1) dengan melakukannya dengan cara yang berbeda, cara yang sesuai dengan kualitas dan kemampuan pribadi seseorang; (2) melakukan hal-hal yang tidak melibatkan banyak orisinalitas dalam diri mereka sendiri tetapi membuat sesuatu dari sesuatu yang berbeda, karena makna yang kita berikan kepada mereka.

5. Motif dan Usia
Apa yang secara khusus memotivasi anak kecil adalah koneksinya dengan dunia sendiri, kepentingannya sendiri. Misalnya, eksperimen baru, ia menemukan sesuatu yang sangat menarik: melakukan sesuatu yang sebelumnya dia tidak lakukan dan melakukannya lagi karena dia menyukainya.Masalahnya adalah bahwa seiring berlalunya waktu dan bahkan berbulan-bulan berlalu, orang-orangnya berubah dan dia berusaha melakukan hal-hal lain. Agar dia terus berupaya melakukan aktivitas tertentu pendidik perlu berperan aktif, dan untuk memotivasi dia.

6. Kemampuan anak semata untuk melakukan apa yang diminta
            Seorang anak membutuhkan tingkat keterampilan teknis tertentu jika dia melakukan tugas yang diperlukan untuk mencapai kematangan pribadi dan untuk membantu orang lain masuk ke arah yang sama. Pertanyaannya bagaimana seorang anak dapat belajar melalui buku kalau mereka tidak diajarkan membaca? Bagaimana seorang anak perempuan dapat memasak makanan bila tidak diajarkan memasak?
            Keterampilan secara teknis itu adalah kondisi yang diperlukan untuk mengembangkan kepribadian kerja keras. Semakin banyak keterampilan yang dimiliki seseorang menjadikannya lebih mudah baginya untuk melakukan tugasnya dan mendapatkan lebih banyak kepuasan dari pekerjaannya. Seorang anak tidak bergairah untuk belajar bila pekerjaan rumah tersebut dianggapnya sulit, namun juga bila seorang pendidik memberikan tugas yang mudah maka efeknya akan sama karena anak-anak tidak berusaha melakukan itu dan tidak mendapat kepuasan nyata dari tugas tersebut.
            Apakah yang dibutuhkan anak remaja saat ini? Semacam apa yang sulit dimiliki anak remaja itu? Mungkin dia perlu mengembangkan kemampuannya untuk membaca dan memahami apa yang dia baca; kekuatan observasi; kemampuan untuk mensintesis; kemampuan untuk menghubungkan fakta satu sama lain; kemampuan berbicara di depan umum; kemampuan untuk membedakan antara fakta dan opini.

7. Dua hal yang buruk
            Ada dua hal yang buruk yang bertentangan dengan kerja keras yaitu kemalasan dan hingar-bingar (suka keramaian), dan aktivitas tanpa henti.
            Kemalasan membuat sesorang tidak dapat melakukan hal-hal yang spiritual. Sementara kerja keras adalah sikap spiritual yang menuntun kepada ketekunan/kerjainan untuk melakukan tugas. Kemalasan adalah penyakit menular (contagious). Oleh karena itu, orang tua harus melihat kehidupannya yang dapat menyebabkan kemalasan. Hal ini juga menjadi tugas mereka dalam mendidik anaknya. Yang terpenting pula dalam aspek spiritual apabila orang tua tidak beribadah, tidak berdoa. Dan hubungannya dengan pekerjaan: tidak bekerja keras atau suka bolos kerja.
            Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelelahan bekerja keras adalah beristirahat dan berlibur karena hal itu juga adalah aktivitas bekerja. Melalui beristirahat akan memperlengkapi kita untuk bekerja keras lagi. Bekerja keras adalah sifat dari kasih di mana seseorang mengetahui bagaimana mengabdi kepada Allah dan mengasihi sesama dengan melakukan apa yang diamanhkan untuk dikerjakan dengan sepenuh hati. Dia tidak bersinar karena kerja keras. Namun, jika dia memiliki kebajikan ini, orang lain akan memerhatikan bahwa apa yang menopangnya adalah kasih, dan mungkin mereka ingin minum dari sumber air yang sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar