Abstrak
Silka Lalenoh:
“Pengaruh Penggunaan Facebook
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Makassar Raya.” (Dibimbing oleh Dr. Ivan
Th. J. Weismann, M.Hum).
Tujuan penulisan yang
ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah
menjelaskan sejauh mana pengaruh penggunaan Facebook
terhadap prestasi belajar siswa di SMP Makassar Raya.Berdasarkan hasil
penelitian maka penulis memberikan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Facebook adalah jaringan sosial
di mana para pengguna dapat berinteraksi dengan orang lain yang berada jauh
dari mereka dan bisa menjalin sosialisasi dengan orang lain. Meskipun awalnya
Facebook memiliki banyak manfaat namun siswa mengakses secara berlebihan
sehingga membawa dampak yang negatif pada siswa yaitu mempengaruhi konsentrasi
belajar dan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kedua, prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki
siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh
dalam proses belajar mengajar. Namun Penggunaan waktu bermain Facebook di
kalangan siswa SMP Makassar Raya sangat kuat dibandingkan penggunaan waktu
belajar. Apabila penggunaan waktu belajar siswa lebih banyak daripada
penggunaan waktu bermain Facebook maka prestasi siswa akan meningkat. Ketiga, siswa SMP Makassar raya lebih
cenderung memilih untuk mengakses Facebook dibandingkan belajar dan hal ini
berpengaruh pada motivasi dan prestasi belajar siswa dapat menurun, siswa
menjadi malas belajar dan tidak fokus ketika guru menjelaskan pelajaran dan
ketika guru bertanya kembali pelajaran yang telah disampaikan siswa tidak bisa
menjawab, dalam hal ini nilai siswa nilai menurun akibat terlalu sering membuka
situs jejaring sosial di internet.
Kata
Kunci: Facebook, Siswa, SMP, Makassar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar