KELOMPOK :
MATA KULIAH KEILMUAN
DAN KETRAMPILAN
|
NOMOR
|
:
|
|
||
NAMA MATA
KULIAH
|
:
|
YUNANI
LANJUTAN: Analisis Khotbah di Bukit (Mat 5-7)
|
||
KODE
|
:
|
|
||
BOBOT
|
:
|
3
|
||
SEMESTER
|
:
|
Ganjil
2017
|
||
PRASYARAT
|
:
|
BAHASA
YUNANI
|
||
BANYAKNYA
PERTEMUAN/ WAKTU TIAP PERTEMUAN
|
:
|
5 X (4 Jam) / 8-12 Januari
2018, 15:00-21:00.
|
||
STANDAR KOMPETENSI :
Mahasiswa diharapkan
mengerti latar belakang, teologi dan inti Matius 5-7. Mahasiswa diharapkan
menganalisasikan, menerjemahkan dan menafsirkan teks Yunani dari Matius 5-7.
Mahasiswa juga diharapkan berpikir secara lebih dalam tentang teologi dan
aplikasi Matius 5-7.
|
||||
KOMPETENSI DASAR
1.
Mampu
menggunakan sumber Bahasa Yunani secara
baik dan efektif
2.
Menyadari
pentingnya Bahasa Yunani dalam berteologi
3.
Mampu dan gemar menggunakan Bahasa Yunani dalam studi PB
4.
Mampu
mengidentifikasi kata kunci Yunani
dalam kitab PB
5.
Mampu menerjemahkan kitab PB dari Bahasa Yunani ke
Bahasa Indonesia
6.
Mampu
menyebutkan
metode-metode penafsiran untuk kitab PB
7.
Mampu
menyusun
langkah-langkah penafsiran
8.
Mampu
menemukan
kebenaran dalam penafsiran PB
9.
Mampu
menerima
nilai-nilai kebenaran dalam PB
10. Mampu mengaplikasikan
nilai-nilai kebenaran PB
11.
Mampu
membuat
tafsiran
sebuah teks PB
|
||||
URUTAN DAN RINCIAN MATERI
1.
Latihan
menggunakan sumber Bahasa Yunani
2.
Latihan membaca dan memahami teks dalam Bahasa Yunani
3.
Metode-metode penafsiran untuk kitab PB
4.
Langkah-langkah penafsiran PB
5.
Kebenaran dalam penafsiran PB
6.
Nilai-nilai kebenaran dalam PB dan aplikasinya
7.
Menafsir
dan
menerjemahkan beberapa pasal PB
|
||||
INDIKATOR HASIL BELAJAR
1.
Menulis
dan membaca aksara Yunani
2.
Menggunakan
sumber
Bahasa Yunani secara
baik dan efektif
3.
Memperlihatkan kesadarannya akan pentingnya
Bahasa Yunani dalam berteologi
4.
Menunjukkan
kegemarannya menggunakan Bahasa Yunani
dalam studi PB
5.
Menjelaskan tentang pemahaman tafsir PB
6.
Menguraikan makna penulis asli PB
7.
Menyusun langkah-langkah penafsiran
8.
Menemukan kebenaran dalam penafsiran PB
9.
Menerima nilai-nilai kebenaran dalam PB
10.
Mengaplikasikan nilai-nilai kebenaran PB
11.
Menerjemahkan nas-nas dari Bahasa Yunani secara baik dan tepat
12.
Membuat Tafsir beberapa teks dalam PB
|
||||
STANDAR PROSES
PEMBELAJARAN
|
||||
PENDEKATAN
|
:
|
Kolektif dan partisipatoris
|
||
PENGALAMAN BELAJAR
|
:
|
1.
Mahasiswa mendengarkan kuliah yang disampaikan dosen
2.
Mahasiswa mendiskusikan
3.
Mahasiswa
membaca dan menerjemahkan bahasa
Yunani
|
||
METODA
|
:
|
Ceramah, pengamatan, latihan, tugas mandiri
|
||
TUGAS
|
:
|
Mengerjakan latihan-latihan, membaca dan
menganaliskan buku wajib, menganalisiskan teks PB, membuat makalah
|
||
STANDAR PENILAIAN
|
:
|
1.
Partisipasi
dan kehadiran : 10 %
2.
Resensi Buku : 20
%
3.
Tugas Makalah (Penafsiran)
: 35 %
4.
Ujian : 35
%
|
||
TEKNIK
|
:
|
TERTULIS
|
||
BENTUK SOAL
|
:
|
Tes Tertulis, Tes Sikap,
Porto Folio, Proyek unjuk kerja
|
||
MEDIA
|
:
|
Papan Tulis / White board, LCD,
|
||
SUMBER
BELAJAR
1.
Keluarga
2.
Media elektronik (internet)
3.
Narasumber,
4.
Lingkungan alam,
5.
Lingkungan sosial,
6.
Teman di kampus
7.
Teman di
masyarakat setempat
8.
Komunitas gereja
Literatur :
1.
Blomberg, Craig. “Matthew.” Halaman 1-110 di dalam Commentary on the New Testament Use of the
Old Testament. Diedit oleh G. K. Beale dan D. A. Carson. Grand Rapids:
Baker, 2007.
2.
Blomberg, Craig. Matthew.
The New American Commentary. Nashville, Tennessee: Broadman & Holman,
1992.
3.
Carson, D. A. “Matthew.” Halaman 1-600 di dalam The Expositor’s Bible Commentary Volume 8:
Matthew, Mark and Luke. Diedit oleh Frank E Gaebelein. Grand Rapids, MI:
Zondervan, 1984.
4.
Carson, D. A. Sermon
on the Mount: An Exposition of Matthew 5-7. London: Authentic, 2010.
5.
Carson,
D. A. dan
Douglas J. Moo. An Introduction to the
New Testament. Diterjemahkan oleh Jenus Junimen. Malang, Jawa Timur:
Gandum Mas, 2016.
6.
Drewes,
B. F., Wilfred Haubeck dan Heinrich von Siebenthal. Kunci Bahasa Yunani Perjanjian Baru: Kitab Injil Matius hingga Kitab
Kisah Para Rasul. Jakarta: Gunung Mulia, 2013.
7.
Fee, Gordon F. New
Testament Exegesis: A Handbook for Students and Pastors. Philadelphia:
Westminster, 1983.
8.
France, R. T. Matthew:
An Introduction and Commentary. Tyndale New Testament Commentaries.
Diedit oleh Leon Morris. Nottingham, England: Inter-Varsity, 1985.
9.
Green, Michael. The
Message of Matthew. The Bible Speaks Today. Diedit oleh John Stott.
Downers Grove, Il: Inter-Varsity Press, 2000.
10.
Hagner, Donald A. Matthew
1-13. Word Biblical Commentary Volume 33A. Dallas, Texas: Word Books,
1993.
11.
Luz, Ulrich. Matthew
1-7. Diterjemahkan oleh James E. Crouch. Diedit oleh Helmut Koester.
Minneapolis: Fortress, 2007.
12.
Metzger,
Bruce. A Textual Commentary on the
Greek New Testament. 2nd ed. Stuttgart: Deutsche Bibelgesellschaft, 1994.
13.
Morris,
Leon. Injil Matius. Diterjemahkan
oleh Hendry Ongkowidjojo. Surabaya: Momentum, 2016.
14.
Nixon,
R. E. “Matius.” Diterjemahkan oleh Harris P. Nasution. Halaman 55-122 di
dalam Tafsiran Alkitab Masa Kini 3:
Matius – Wahyu. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2013.
15.
Stanton. G. S. “Sermon on the Mount.” Halaman 735-44 di
dalam Dictionary of the Jesus and the
Gospels. Diedit oleh Joel B. Green dan Scot McKnight. Downers Grove,
Illinois: Inter-Varsity, 1992.
16.
Stott,
John. Khotbah di Bukit.
Diterjemahkan oleh G. M. A. Nainggolan. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina
Kasih, 2012.
17.
Sutanto,
Hasan, pnj. Perjanjian Baru Interlinear
Yunani-Indonesia. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2014.
18.
Tehan, Thomas dan David Abernathy. An Exegetical Summary of the Sermon on the Mount. Edisi Kedua.
Dallas, Texas: SIL, 2008.
19.
Turner, David L. Matthew.
Baker Exegetical Commentary on the New Testament. Grand Rapids, MI: Baker,
2008.
20.
Wallace,
Daniel B. Greek Grammar Beyond the Basics,
Zondervan:
Grand Rapids, 1996.
21.
Witherington III, Ben. Matthew. Smyth and Helwys Bible Commentary. Macon, Georgia: Smyth
& Helwys, 2006.
|
||||
PENILAIAN
·
Semua tugas
mahasiswa harus sesuai dengan persyaratan yang dijelaskan di dalam buku Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi
(yang diedit oleh Hengki Wijaya). Pakailah buku itu untuk informasi mengenai
daftar pustaka, plagiarisme, dll.
·
Jika ada plagiarisme
atau kecurangan, poin-poin akan dikurangi. Jika itu serius, mahasiswa akan
gagal tugas atau mata kuliah ini.
·
Jika mahasiswa
kurang mengerti silabus ini atau ekspektasi dosen, tolong hubungi dosen secepatnya
untuk membahas hal yang kurang jelas.
·
Ekspektasi dosen
adalah setiap mahasiswa akan berusaha untuk menyelesaikan tanggung jawab mereka
dengan
baik, tepat waktu, dan dengan jujur untuk kemuliaan Tuhan.
·
Janganlah terlambat dengan tugas. Jika
terlambat, ada poin dikurangi.
RUBRIC PENILAIAN
HURUF / GRADE
|
SKOR
|
INDIKATOR KINERJA
|
A – Sangat
Baik
|
90-100
|
Rancangan yang
disajikan sistematis, menyelesaikan masalah, dapat diimplementasikan dan inovatif
|
B – Baik
|
76-89
|
Rancangan
yang disajikan sistematis, menyelesaikan masalah, dapat diimplementasikan,
kurang inovatif
|
C – Cukup
|
70–75
|
Rancangan yang
disajikan tersistematis, menyelesaikan masalah, namun kurang dapat diimplementasikan
|
D – Kurang
|
50–69
|
Rancangan
yang disajikan teratur namun kurang menyelesaikan permasalahan
|
E – Sangat kurang
|
<50
|
Rancangan yang
disajikan tidak teratur dan tidak menyelesaikan permasalahan
|
PARTISIPASI DAN KEHADIRAN (10%)
Kehadiran sangat penting untuk pemahaman Anda
mengenai materi, dan kehadiran dan interaksi penting untuk perbaikan diskusi kelompok.
Jika mahasiswa tidak dapat hadir, dia harus mengirimkan surat yang berisi
alasan mengapa dia tidak hadir. Apabila tidak ada alasan yang cocok, ada poin
yang dikurangi.
RESENSI BUKU (20%)
Tulislah resensi untuk
buku yang ini: Stott, John. Khotbah
di Bukit. Diterjemahkan oleh G. M. A. Nainggolan. Jakarta: Yayasan
Komunikasi Bina Kasih, 2012.
Makalah ini akan dinilai sesuai dengan pedoman
ini:
a.
Pendahuluan (10%)
b.
Identitas Buku (10%)
c.
Sinopsis / Ringkasan (35%).
d.
Keunggulan / Kelemahan (35%)
e.
Kesimpulan (10%)
Pedoman
lain:
1) 14-15 halaman. 2
spasi.
2) Sinopsis / Ringkasan harus minimal 5
halaman.
3)
Keunggulan dan kelemahan harus minimal 5 halaman. Bagian ini harus termasuk
pembahasan tentang bahasa Yunani (kesetujuan dengan tulisan penulis atau
ketidaksetujuan dengan tulisan penulis).
4) Tugas ini
harus diselesaikan dan diserahkan kepada dosen pada tanggal 16
Februari, 2018 (atau sebelumnya).
UJIAN AKHIR (35%)
Fokus ujian akhir adalah teks Matius 5-7. Mahasiswa harus
siap untuk menerjemahkan semua teks tersebut dari Bahasa Yunani ke dalam Bahasa
Indonesia. Meskipun hanya beberapa bagian Matius 5-7 harus diterjemahkan di
dalam ujian, mahasiswa harus siap untuk menerjemahkan semua teks tersebut.
Mahasiswa juga harus belajar materi tentang pengantar
Khotbah di Bukit (catatan yang diberi di dalam kelas).
Tanggal
ujian akhir akan ditetapkan di dalam kelas.
MAKALAH (35%)
Pilihlah satu teks dari daftar ini:
1)
Matius 5:17-48
2)
Matius 6:1-34
3)
Matius 7:1-27
Tulislah
sebuah penafsiran
tentang satu teks dari daftar tersebut. Penafsiran harus termasuk:
1)
Terjemahan teks Bahasa Yunani terpilih ke dalam Bahasa
Indonesia (mahasiswa harus menerjemahkan teks diri sendiri)
2)
Pembahasan mengenai kata kunci dan tatabahasa penting
(Bahasa Yunani) yang dipakai di dalam teks terpilih
3)
Penjelasan mengenai tema / tujuan teks terpilih
4)
Pembahasan mengenai hubungan antara teks terpilih dengan
tujuan umum injil Matius
5)
Aplikasi-aplikasi dari teks untuk pada zaman kini
Makalah
ini akan dinilai sesuai dengan pedoman ini:
a.
Pendahuluan (10%)
b.
Isi (60%)
I.
Terjemahan (10%)
II.
Pembahasan kata kunci / tatabahasa
Bahasa Yunani (15%).
III.
Penjelasan mengenai tema / tujuan teks (10%)
IV.
Pembahasan mengenai hubungan antara teks dan tujuan umum
injil Matius (10%)
V.
Penjelasan mengenai aplikasi-aplikasi teks (15%)
c.
Kesimpulan (10%)
d.
Struktur dan tatabahasa (10%)
e.
Daftar pustaka (10%)
Pedoman lain: 1) Pakailah minimal 5 sumber. Janganlah
pakai blog atau sumber dari internet kecuali itu e-book.
2) Isi makalah harus 18-20 halaman.
3) 2 spasi.
3) Tugas ini harus diselesaikan dan
diserahkan kepada dosen pada tanggal 23 Maret,
2018
(atau sebelumnya).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar