Good News

Kamis, 11 Januari 2018

Arti dan definisi pendidikan berdasarkan buku Mamta Rajawat "Education in The New Millennium"

Tulisan ini diterjemahkan oleh Hengki Wijaya pada sub Various Dimension (pada bagian tertentu: Arti dan definisi-definisi) dalam buku Mamta Rajawat "Education in The New Millennium" 

Pendidikan dan Pengajaran
            Proses pengajaran dalam ruangan kelas adalah istilah umum pendidikan. Tetapi sebenarnya, Pengajaran bukanlah pendidikan. Pendidikan adalah sesuatu yang lebih tinggi daripada Pengajaran. Pengajaran hanyalah sebuah proses komunikasi beberapa pengetahuan dan keterampilan. Tetapi mengapa pengetahuan dan keterampilan dikomunikasikan; Berapa jumlah yang dibutuhkan pada tahap pendidikan tertentu; kapan dan dimana proses Pengajaran itu seharusnya dimulai, siapa yang diinstrusikan; apa yang seharusnyamenjadi levelmental peserta didik; apa kebutuhan biologis dan emosional mereka dalam rentang perkembangan tertentu; dan apa keterbatasan mereka? Semuanya ini adalah isus-isu pendidikan. Hanya solusi yang tepat untuk isu-isu ini maka Pengajaran yang memiliki tujuan dan efektif memungkinkan terjadi. Dengan demikian, Pengajaran adalah bagian dari pendidikan dan bukan keseluruhan pendidikan.
Arti Etimologis Pendidikan
            Kata pendidikan memiliki akar bahasa Latin yaitu kata educatum yang artinya “untuk memimpin” dan “mendidik”. Artinya bahwa seorang anak lahir dengan beberapa potensi bawaan. Dengan bantuan pendidikan yang baik, maka potensi bawaan tersebut dapat tumbuh dan berkembang dalam bentuk potensi yang tertinggi. Potensi itu tersembunyi dan tertidur; pendidikan membangkitkan dan membawa keluar potensi-potensi itu dalam bentuk ekspresi eksternal.
Definisi-definisi Pendidikan
            Pendidikan memiliki cakupan yang sangat luas. Itulah mengapa terdapat pandangan yang berbeda dari para ilmuwan mengenai arti dan defnisi pendidikan. Pendidik dan pemikir menguji bentuk dan pendidikan area tertentu ide-ide mereka pada pendidikan yang sesuai. Oleh karena itu, semua definisi yang diberikan oleh para ilmuwan adalah benar dalam perspektif mereka sendiri. Cakrawala pendidikan tidak terbatas, jadi semua definisi menempati tempat mereka dalam subjek kanvas yang lebar. Beberapa definisi pendidikan yang diberikan oleh beberapa ilmuwan yang berbeda masa dan didasarkan pemikiran perbedaan sekolah yang dicatat di bawah ini:
·      Pendidikan adalah stimulasi penalaran yang teliti dan disiplin mental pribadi yang akan menghasilkan intelektual yang berkelanjutan dan standar tinggi perilaku moral (Socrates).
·      Pendidikan adalah untuk mengembangkan pikiran, bukan belajar keterampilan praktis tetapi menemukan kebenaran (Plato).
·      Pendidikan adalah penciptaan pikiran sehat dalam tubuh yang sehat (Aristoteles).
·      Pendidikan seharusnya didesain untuk menyiapkan peserta didik untuk pencapaian sukses dalam kehidupan pribadi, karier, dan tanggung jawab warga negara (Milton).
·      Tujuan esensi pendidikan termasuk pengenalan diri, disiplin diri dan pengembangan karakter (Comminus).
·      Pendidikan seharusnya praktis, bertujuan, bermakna dan menyenangkan (Lock). Tujuan pendidikan, menurut Locke, adalah untuk menghasilkan pria dan perempuan yang berbudi luhur dan berguna, apa pun status mereka dalam kehidupan. Pendidikan harus praktis, dan, tentu saja, itu akan bervariasi tergantung pada muridnya. Apa yang akan berguna untuk putra seorang pria di masa dewasanya tidak sama dengan apa yang akan berguna bagi anak seorang buruh. Tetapi bahkan putra pria itu pun harus dididik untuk bisa secara aktif mengelola urusannya, bukan untuk kehidupan yang mewah dan kemalasan. Locke tidak memiliki kesabaran untuk menganggur atau waktunya terbuang; Setiap orang harus menjalani kehidupan yang bermanfaat, masing-masing dengan caranya sendiri. Pendidikan untuk kebajikan, di sisi lain, berlaku untuk semua orang - itu adalah “yang pertama dan yang paling penting dari wakaf yang menjadi milik seorang pria”.
·      Pendidikan anak seharusnya sesuai dengan lingkungan alamiah anak dan kebutuhan setiap individu anak (Rousseau). Selanjutnya beliau katakan bahwa pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, akan tetapikita membutuhkannya pada waktu dewasa.
·      Pendidikan adalah natural, harmonis, dan perkembangan progresif kekuatan bawaan manusia (Pestalozzi).
·      Pendidikan tidak hanya semata untuk kehidupan, tetapi juga sebuah pengalaman saat ini yang menyatukan pikiran dengan tindakan (Forebel).
·      Pendidikan adalah untuk memberikan pengetahuan dasar untuk kehidupan yang lengkap  (Herbert Spencer).
·      Pendidikan adalah pengembangan semua kapasitas individu yang memungkinkan dirinya untuk mengontrol lingkungannya dan memenuhi kemungkinannya (Dewey). Selanjutnya Dewey mengatakan bahwa pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia. Beliau juga menambahkan bahwa pendidikan itua dalah suatu proses tanpa akhir.
·      Pendidikan adalah penyesuaian diri yang bertahap menuju kepemilikan perlombaan spiritual (Butler).
·      Oleh pendidikan saya artikan seluruh gambaran yang terbaik dalam anak, tubuh manusia, pikiran dan spirit (Gandhi).
·      Pendidikan membuat hidup dalam harmoni dan eksistensi (Tagore).
·      Pendidikan memungkinkan individu menjadi seorang produser sama baiknya dengan warga negara yang baik (Nehru).
Pendidikan adalah membantu  pikiran anak untuk menyadari moral absolut dan nilai-nilai intelektual (Zakir Hussain).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar