Good News

Kamis, 11 Januari 2018

Pemahaman Visi Yang Benar dalam Pendidikan oleh Hengki Wijaya

Pemahaman Visi yang benar, bukan yang baik

            Suatu ungkapan bahwa bila tidak ada visi maka liarlah manusia. Visi adalah sesuatu yang tidak terlihat, namun dapat dialami dan diwujudkan. Visi membuat seorang pemimpin sekolah memiliki motivasi kuat, dan mimpi yang besar untuk mewujudkan visi tersebut. Seorang pemimpin visioner tetap setia pada visi sekalipun banyak tantangan yang dihadapi. Sayangnya visi sekolah hanyalah simbol dan kata-kata belaka. Pemahaman visi yang benar dan bukan baik akan membawa pemahaman visi pemimpin kepada bawahan dan pelaksanaannya menjadi benar dan tidak kehilangan arah tujuan pendidikan.
            Visi adalah apa yang ingin dicapai misalnya memiliki pendidikan yang berkualitas dan pelatihan untuk pengembangan diri. Sementara misi adalah cara untuk mencapai visi misalnya untuk bekerja dengan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk memberikan, mempromosikan dan mengoordinasikan pelatihan dan penelitian berkualitas untuk pembangunan pendidikan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab secara kewarganegaraan. Visi dan misi pernyataan pendidikan yang ditetapkan untuk mewujudkan hasil pendidikan yang lebih baik dalam sistem yang diberikan. Itu adalah cita-cita nilai dan kepercayaan adalah awal dari visi yang kuat. Pernyataan misi memberi motivasi pendidikan lebih kuat dan memberi orang tua gambaran yang jelas tentang nilai sekolah apa adanya (Thomas, 2013:98).
            Visi dan misi lahir dari pergumulan filsafat pendidikan yang dituangkan dalam tujuan pendidikan nasional yang diaplikasikan dalam adaministrasi sekolah. Melalui administrasi sekolah ini maka visi dan misi sekolah tercetus. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini sebagai contoh pendidikan nasional Oman (Al-ani, 2014:174).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar