Good News

Sabtu, 11 Februari 2017

Silabus Metodologi penelitian teologi/Sosial oleh Hengki Wijaya

Deskripsi Mata Kuliah:
       Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian-pengertian dalam metode penelitian. Dalam perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami proses penelitian dan pembuatan laporan penelitian yang dimulai dengan pendahuluan, tinjauan pustaka/literatur/kepustakaan latar belakang kitab dan selanjutnya melalui tahap metode penelitian. Merumuskan hasil penelitian, membuat kesimpulan dan saran serta menuliskan kepustakaan yang benar. Secara khusus mata kuliah ini akan menjawab perbedaan penelitian kuantitatif, kualitatif dan biblika.

Tujuan Mata Kuliah:
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa akan dapat:
1.        Menjadikan mahasiswa STT Jaffray yang terampil dalam melakukan penelitian yang benar untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama bidang penelitian yang bermanfaat bagi studi, gereja dan masyarakat.
2.        Mengetahui dan memahami: pengertian metode penelitian; manfaat metode penelitian; teknik dan prosedur penelitian.
3.        Mengetahui dan memahami: desain penelitian; perencanaan dan pelaksanaan penelitian; jenis disain penelitian; proposal penelitian.
4.        Mengetahui dan memahami: studi kepustakaan; fungsi studi kepustakaan; kerangka berpikir.
5.        Mengetahui dan memahami: cara menyusun hipotesis; kegunaan hipotesis; rumusan hipotesis; pengujian hipotesis.
6.        Mengetahui dan memahami: alasan pemilihan sampel, syarat-syarat, teknik sampling.
7.        Mengetahui dan memahami: pengumpulan, pengolahan dan penyajian data.
8.        Mengetahui dan memahami: analisis hubungan; analisis komparasi; analisis deskriptif; interpretasi analisis data; genaralisasi dan kesimpulan.
9.        Mengetahui dan memahami: aturan penulisan; format; manfaat penulisan laporan penelitian; perbedaan skripsi; tesis; dan disertasi dan jurnal.
10.    Pemahaman yang benar tentang plagiarisme sebagai jawaban anti plagiat dalam penelitian.
11.    Membuat laporan makalah,karya ilmiah dan skripsi yang baik dan benar serta memiliki nilai ganda bagi perkembangan penelitian teologi, pendidikan dan sosial.

Garis Besar Mata Kuliah
1.        Pengertian dan jenis-jenis penelitian teologi/sosial.
2.        Pengertian Metode Penelitian dan bagian-bagian dalam metode penelitian
3.        Pemahaman tentang kepustakaan penelitian dan hubungan pendahuluan dan tinjauan pustaka serta teknik penulisan catatan kaki dan kepustakaan.
4.        Penyusunan kerangka berpikir, hipotesis, logika berpikir, ide penelitian dan hasil penelitian terdahulu menjadi kesatuan utuh untuk menghasilkan penelitian yang baik dan benar.
5.        Pembuatan proposal penelitian termasuk di dalamnya format penulisan, pendahuluan, tinjauan pustaka/kitab/surat dan metode penelitian; analisis data, hasil pembahasan serta kesimpulan dan saran yang dilengkapi dengan kepustakaan dan lampiran-lampiran.
6.        Pemahaman yang benar tentang tindakan plagiarisme serta sanksi yang diberikan kepada plagiator.
7.        Mengembangkan ide penelitian atau suatu ide menjadi makalah dan proposal penelitian yang terbaru dengan kepustakaan yang mutakhir.


Penilaian:
1. Tugas-tugas kelompok penelitian    40%
2.  Ujian Akhir                                    30%
3.  Interaksi Bacaan                            20%
4. Kehadiran                                       10%

Kehadiran
       Jumlah ketidakhadiran yang diperkenankan adalah tiga kali di mana sudah termasuk izin, sakit dan alpa. Setelah tiga kali maka mahasiswa dinyatakan tidak lulus.

Tugas-Tugas Kelompok
       Tugas kelompok penelitian meliputi perumusan ide (pendahuluan), pembuatan makalah, proposal penelitian (Bab I), kerangka Bab II, Metodologi Penelitian, analisis hasil penelitian dan kesimpulan serta penulisan catatan kaki (footnote) dan kepustakaan.

Tugas Bacaan Wajib
       Buatlah pemahaman baru dan interaksi bacaan dengan tujuan untuk mengem-bangkan keinginan Anda untuk rajin menulis dan meningkatkan ketelitian Anda dalam penelitian.
Buku-buku wajib tersebut adalah:

Widiyanto, Mikha Agus. Statistika untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen, & Pelayanan Gereja: Lengkap dengan Konsep dan Aplikasi SPSS. Bandung: Kalam Hidup, 2014.

Wijaya, Hengki (Ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.

Kepustakaan

Bakker, Anton dan Achmad Charris Zubair, Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1990.

Black, James A. and Dean J. Champion, Methods and Issues in Social Research. Brooklyn, NY: John Wiley & Sons Inc, 1976.

Kusumah, Wijaya. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks, 2011.

Martono, Nanang. Statistik Sosial Teori dan Aplikasi Program SPSS. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2010.

Pedoman Penulisan Struktur Skripsi, Tesis, Disertasi. Makassar: STT Jaffray, 2010.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.

Ronda, Daniel. Belajar Menjadi Pemimpin. Tangerang: Matana Publishing Utama, 2015.

Sekaran, Uma. Research Methods for Business. Southern Illinois University at Carbondale, 1984.

Spradley, James P. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogyakarta, 1997.

Soelistyo, H. Plagiarisme: Pelanggaran Hak Cipta dan Etika. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2014.

Sumanto, Metodologi Penelitian Sosial Penelitian. Yogyakarta: ANDI offset, 1995.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset, 1999.

Widiyanto, Mikha Agus. Statistika untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen, & Pelayanan Gereja: Lengkap dengan Konsep dan Aplikasi SPSS. Bandung: Kalam Hidup, 2014.

Wijaya, Hengki.Ed. Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.

Pokok Bahasan setiap pertemuan
Petemuan
Tujuan topik (Kompetensi Dasar)
Topik dan Sub topik
1
Mahasiswa memahami keseluruhan silabus perkuliahan
Program perkuliahan: Tujuan, garis besar perkuliahan, penilaian dan kepustakaan.
2
Mahasiswa memahami jenis-jenis penelitian teologi/sosial
Kebutuhan penelitian bagi gereja dan masyarakat dalam lingkup keilmuan teologi dan sosial pendidikan Kristen
3
Mahasiswa mengembangkan suatu ide atau gagasan menjadi sebuah penelitian 
Ide dan teori menjadi objek penelitian  dalam paradigma penelitian.
4 dan 5
Mahasiswa mengetahu model-model penelitian
PenjelasanModel-model penelitian:
-       Penelitian Kuantitatif
-       Penelitian Kualitatif
-       Mixing Research
6
Mahasiswa dapat merumuskan masalah dan variabel penelitian
Masalah dan Variabel penelitian
- Sumber masalah
- teknik perumusan masalah
-Jenis variabel
- Definisi  variabel

7 dan 8
Mahasiswa dapat merumuskan kajian teori, kerangka berpikir dan hipotesis penelitian
- Landasan  teori
- Kerangka berfikir
-Hipotesis penelitian
9  
Mahasiswa dapat menentukan populasi dan sampel penelitian
- Populasi dan sampel penelitaian
-Berbagai teknik sampling
- Teknik pengolahan dan analisis data
- Rumusan hipotesis statistik
10 dan 11
Mahasiswa memahami jenis-jenis metode penelitian
-       Metode penelitian historis
-       Metode penelitian deskritif
-       Metode penelitian eksegesis/biblika
12
Mahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan teknik dan  instrumen pengumpulan data
Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian
- Uji angket
- Teknik Wawancara dan Coding

13
Mahasiswa mengetahui cara  mendeskripsikan hasil penelitian dan pengujian hipotesis serta pembahasan
- Deskripsi hasil penelitian
- Penafsiran dan pembahasan hasil penelitian

14
Mahasiswa dapat merumuskan kesimpulan, implikasi dan saran/rekomendasi
- Cara merumuskan kesimpulan
- Cara mengungkapkan saran dan implikasi

15
Mahasiswa memahami teknik penulisan laporan hasil penelitian.
- Format dan sistimatika laporan hasil penelitian (bentuk skripsi)
- Teknik pembuatan catatan kaki
- Pemahaman tentang Plagiarisme

14
Mahasiswa  memahami cara-cara membuat proposal/rancangan penelitian
Struktur/ sistematika dan isi proposal penelitian
16
Mahasiswa dapat menulis proposal penelitian
Ujian akhir




Tidak ada komentar:

Posting Komentar