Deskripsi Mata Kuliah:
Mata Kuliah ini
membahas tentang
pengertian-pengertian dalam metode penelitian. Dalam perkuliahan ini mahasiswa
dapat memahami proses penelitian dan pembuatan laporan penelitian yang dimulai
dengan pendahuluan, tinjauan pustaka/literatur/kepustakaan latar belakang kitab
dan selanjutnya melalui tahap metode penelitian. Merumuskan hasil penelitian,
membuat kesimpulan dan saran serta menuliskan kepustakaan yang benar. Secara
khusus mata kuliah ini akan menjawab perbedaan penelitian kuantitatif, kualitatif
dan biblika.
Tujuan
Mata Kuliah:
Setelah
menyelesaikan perkuliahan ini mahasiswa akan dapat:
1.
Menjadikan
mahasiswa STT Jaffray yang terampil
dalam melakukan penelitian yang benar untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan
Tinggi terutama bidang penelitian yang bermanfaat bagi studi, gereja dan
masyarakat.
2.
Mengetahui dan memahami: pengertian metode penelitian; manfaat metode
penelitian; teknik dan prosedur penelitian.
3.
Mengetahui dan memahami: desain penelitian; perencanaan dan
pelaksanaan penelitian; jenis disain penelitian; proposal penelitian.
4.
Mengetahui dan memahami: studi kepustakaan; fungsi studi kepustakaan;
kerangka berpikir.
5.
Mengetahui dan memahami: cara menyusun hipotesis; kegunaan hipotesis;
rumusan hipotesis; pengujian hipotesis.
6.
Mengetahui dan memahami: alasan pemilihan sampel, syarat-syarat, teknik sampling.
7.
Mengetahui dan memahami: pengumpulan, pengolahan dan penyajian data.
8.
Mengetahui dan memahami: analisis hubungan; analisis komparasi;
analisis deskriptif; interpretasi analisis data; genaralisasi dan kesimpulan.
9.
Mengetahui dan memahami: aturan penulisan; format; manfaat penulisan
laporan penelitian; perbedaan skripsi; tesis; dan disertasi dan jurnal.
10.
Pemahaman
yang benar tentang plagiarisme sebagai jawaban anti plagiat dalam penelitian.
11.
Membuat
laporan makalah,karya ilmiah dan skripsi yang baik dan benar serta memiliki
nilai ganda bagi perkembangan penelitian teologi, pendidikan dan sosial.
Garis
Besar Mata Kuliah
1.
Pengertian
dan jenis-jenis penelitian teologi/sosial.
2.
Pengertian
Metode Penelitian dan bagian-bagian dalam metode penelitian
3.
Pemahaman
tentang kepustakaan penelitian dan hubungan pendahuluan dan tinjauan pustaka
serta teknik penulisan catatan kaki dan kepustakaan.
4.
Penyusunan
kerangka berpikir, hipotesis, logika berpikir, ide penelitian dan hasil
penelitian terdahulu menjadi kesatuan utuh untuk menghasilkan penelitian yang
baik dan benar.
5.
Pembuatan
proposal penelitian termasuk di dalamnya format penulisan, pendahuluan,
tinjauan pustaka/kitab/surat dan metode penelitian; analisis data, hasil
pembahasan serta kesimpulan dan saran yang dilengkapi dengan kepustakaan dan
lampiran-lampiran.
6.
Pemahaman
yang benar tentang tindakan plagiarisme serta sanksi yang diberikan kepada
plagiator.
7.
Mengembangkan
ide penelitian atau suatu ide menjadi makalah dan proposal penelitian yang
terbaru dengan kepustakaan yang mutakhir.
Penilaian:
1. Tugas-tugas
kelompok penelitian 40%
2. Ujian Akhir 30%
3. Interaksi Bacaan 20%
4. Kehadiran 10%
Kehadiran
Jumlah ketidakhadiran yang diperkenankan adalah
tiga kali di mana sudah termasuk izin, sakit dan alpa. Setelah tiga kali maka mahasiswa
dinyatakan tidak lulus.
Tugas-Tugas
Kelompok
Tugas kelompok
penelitian meliputi perumusan ide (pendahuluan), pembuatan makalah, proposal
penelitian (Bab I), kerangka Bab II, Metodologi Penelitian, analisis hasil
penelitian dan kesimpulan serta penulisan catatan kaki (footnote) dan
kepustakaan.
Tugas
Bacaan Wajib
Buatlah pemahaman baru dan interaksi bacaan dengan tujuan
untuk mengem-bangkan keinginan Anda untuk rajin menulis dan meningkatkan ketelitian
Anda dalam penelitian.
Buku-buku wajib tersebut adalah:
Widiyanto, Mikha Agus. Statistika
untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen, & Pelayanan
Gereja: Lengkap dengan Konsep dan Aplikasi SPSS. Bandung: Kalam Hidup,
2014.
Wijaya, Hengki (Ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi
Theologia Jaffray, 2016.
Kepustakaan
Bakker, Anton dan Achmad Charris Zubair, Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1990.
Black, James A. and Dean J. Champion, Methods and Issues in Social
Research. Brooklyn, NY: John Wiley & Sons Inc, 1976.
Kusumah, Wijaya. Mengenal
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks, 2011.
Martono, Nanang. Statistik
Sosial Teori dan Aplikasi Program SPSS. Yogyakarta: Penerbit Gava Media,
2010.
Pedoman Penulisan Struktur
Skripsi, Tesis, Disertasi. Makassar: STT Jaffray,
2010.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di
Perguruan Tinggi.
Ronda, Daniel. Belajar Menjadi
Pemimpin. Tangerang: Matana Publishing Utama, 2015.
Sekaran, Uma. Research Methods
for Business. Southern Illinois University at Carbondale, 1984.
Spradley, James P. Metode
Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogyakarta, 1997.
Soelistyo, H. Plagiarisme:
Pelanggaran Hak Cipta dan Etika. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2014.
Sumanto, Metodologi Penelitian
Sosial Penelitian. Yogyakarta: ANDI offset, 1995.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta:
Bumi Aksara, 2008.
Walgito, Bimo. Pengantar
Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset, 1999.
Widiyanto, Mikha Agus. Statistika
untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen, & Pelayanan
Gereja: Lengkap dengan Konsep dan Aplikasi SPSS. Bandung: Kalam Hidup,
2014.
Wijaya, Hengki.Ed. Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi
Theologia Jaffray, 2016.
Pokok Bahasan setiap pertemuan
Petemuan
|
Tujuan topik (Kompetensi Dasar)
|
Topik dan Sub topik
|
1
|
Mahasiswa
memahami keseluruhan silabus perkuliahan
|
Program
perkuliahan: Tujuan, garis besar perkuliahan,
penilaian dan
kepustakaan.
|
2
|
Mahasiswa memahami jenis-jenis penelitian teologi/sosial
|
Kebutuhan
penelitian bagi gereja dan masyarakat dalam lingkup keilmuan teologi dan
sosial pendidikan Kristen
|
3
|
Mahasiswa mengembangkan suatu ide atau
gagasan menjadi sebuah penelitian
|
Ide
dan teori menjadi objek penelitian dalam paradigma penelitian.
|
4 dan 5
|
Mahasiswa
mengetahu model-model penelitian
|
PenjelasanModel-model penelitian:
- Penelitian Kuantitatif
- Penelitian Kualitatif
- Mixing Research
|
6
|
Mahasiswa dapat
merumuskan masalah dan variabel penelitian
|
Masalah dan
Variabel penelitian
- Sumber masalah
- teknik perumusan masalah
-Jenis variabel
- Definisi variabel
|
7 dan 8
|
Mahasiswa dapat
merumuskan kajian teori, kerangka berpikir
dan hipotesis penelitian
|
- Landasan teori
- Kerangka
berfikir
-Hipotesis penelitian
|
9
|
Mahasiswa dapat
menentukan populasi dan sampel penelitian
|
- Populasi dan
sampel penelitaian
-Berbagai teknik
sampling
- Teknik pengolahan dan analisis data
- Rumusan hipotesis statistik
|
10 dan 11
|
Mahasiswa
memahami jenis-jenis metode penelitian
|
- Metode penelitian historis
- Metode penelitian deskritif
- Metode penelitian eksegesis/biblika
|
12
|
Mahasiswa
memiliki kemampuan mengembangkan teknik dan
instrumen pengumpulan data
|
Teknik pengumpulan data dan instrumen
penelitian
- Uji angket
- Teknik Wawancara dan Coding
|
13
|
Mahasiswa
mengetahui cara mendeskripsikan hasil
penelitian dan pengujian hipotesis serta pembahasan
|
- Deskripsi hasil
penelitian
- Penafsiran dan
pembahasan hasil penelitian
|
14
|
Mahasiswa dapat
merumuskan kesimpulan, implikasi dan saran/rekomendasi
|
- Cara
merumuskan kesimpulan
- Cara mengungkapkan saran dan implikasi
|
15
|
Mahasiswa
memahami teknik penulisan laporan hasil penelitian.
|
- Format dan
sistimatika laporan hasil penelitian (bentuk skripsi)
- Teknik pembuatan
catatan kaki
- Pemahaman tentang Plagiarisme
|
14
|
Mahasiswa memahami cara-cara membuat
proposal/rancangan penelitian
|
Struktur/
sistematika dan isi proposal penelitian
|
16
|
Mahasiswa dapat
menulis proposal penelitian
|
Ujian
akhir
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar