DESKRIPSI
MATA KULIAH
Tujuan dari mata kuliah ini
adalah untuk mempelajari bagaimana para hamba Tuhan dan jemaat dapat
mempromosikan dan mendukung pembentukan
bisnis baru yang nantinya meningkatkan pendapatan jemaat yang berdampak pada
gereja secara umum. Daripada mencari bisnis yang ada atau mengandalkan bantuan instansi
pemerintah untuk menghasilkan lapangan pekerjaan,
maka melalui kuliah ini ada pertanyaan
yang harus digumuli oleh mahasiswa “apa yang bisa dilakukan gereja?” Tidak
adanya kesempatan kerja dalam jemaat terutama jemaat di daerah urban (pinggiran
kota) dan pedalaman menimbulkan kesenjangan dan kemiskinan. Oleh karena itu, perlu adanya pemberdayaan
jemaat lokal dengan memanfaatkan karunia-karunia dan keterampilan untuk menjadi
usaha melalui kewirausahaan (entrepreneurship). Di mulai dari insiatif gereja untuk mengembangkan jemaatnya dengan
keterampilan, pengalaman, jaringan, sumber daya untuk membantu saudara-saudara
mereka menemukan atau membuat yang bisnis baru dan peluang kerja. Kuliah ini akan meletakkan dasar untuk kewirausahaan berdasarkan
studi Alkitab, teologi, dan etika. Apa yang Alkitab ajarkan tentang realitas
dan tujuan kerja, kepemimpinan, uang, komunikasi dan topik-topik terkait? Dan
apa etika Kristen mengajarkan kita tentang membangun budaya kerja yang sehat, mengatasi
kesulitan, dan melakukan hal yang benar di mata Allah? Berdasarkan landasan
teologis yang kuat ini akan menjadi program lokakarya praktis bagi para hamba
Tuhan saat ini dan masa depan dan pemimpin gereja untuk membantu orang percaya
menciptakan lapangan kerja dan perusahaan.
TUJUAN MATA KULIAH
1. Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup
Entrepreneurship
2. Mahasiswa dapat menjelaskan nilai-nilai
kewirausahaan yang mungkin dapat dikembangkan dari potensi dirinya dan
perspektif etika Kristen tentang hamba Tuhan dan kewirausahaan.
3. Mahasiswa dapat mengembangkan ide-ide menjadi
wadah entrepreneurship.
4. Mahasiswa mampu membuat produk atau konsep
yang dapat dikembangkan oleh gereja dan jemaat.
5. Mahasiswa mampu menjelaskan bentuk pelayanan
yang diberikan
6. Mahasiswa mampu melakukan
perencanaan,pengelolaan.pengembangan dan sistem pengawasan bagi sumber daya
manusia termasuk di dalamnya tim kerja untuk mendukung usaha yang dilakukan.
7. Mahasiswa mampu mengidentifikasi
kepemimpinan yang dibutuhkan di
wirausaha.
8.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi diri sebagai wirausaha.
9.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor pemicu suksesnya wirausaha
10. Mahasiswa mampu mengidentifikasi
peluang usaha.
11. Mahasiswa mampu menganalisis
terhadap suatu usaha dengan metode SWOT.
12. Mahasiswa mampu membuat rancangan
Usaha (Bisnis Plan).
13. Mahasiswa mampu mempresentasikan
rancangan usaha sehingga dapat mendapatkan dukungan dana atau franchise.
14. Mahasiswa dapat membuat proposal
usaha dalam bentuk laporan untuk mencari tambahan dana yang nantinya dapat
memperluas jangkauan usaha.
III. KEPUSTAKAAN
Drucker, Peter F. Innovation and Entrepreneurship Practice and Principles. New York:
HarperCollins Publisher Inc., 1985.
Matheus, Jonathan. “Laporan Kewirausahaan Kopertis
IX.” Makassar: STT Jaffray, 2016.
Rusdiana, H. A. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Scherdin, M. and Ivo Zander. Ed. Art Entrepreneurship. Massachusetts:
Edwar Elgar Publishing Limited, 2011.
Slamet, F., Hetty Karunia Tanjungsari, Mei le. Dasar-dasar Kewirausahaan Teori dan Praktik.
Jakarta: Indeks, 2016.
Stückelberger, Ch., Cui Wantian, Teodorina
Lessidrenska, Wang Dan, Liu Yang, Zhang Yu, Entrepreneurs
with Christian Values Training Handbook for 12 Modules. Geneva: Globethics.net, 2016.
Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, Purwanto S. K.,
Maman Faturohman. Kewirausahaan:
Membangun Usaha SuksesSejak usia Muda. Jakarta: Penerbit Salemba Empat,
2007.
Zimmerer, Thomas W., Norman M. Scarborough dan
Doug Wilson. Kewirausahaan dan Manajemen
Usaha Kecil Edisi 5 Buku 1. Jakarta:
Penerbit Salemba Empat, 2008.
Zimmerer, Thomas W., Norman M. Scarborough dan
Doug Wilson. Kewirausahaan dan Manajemen
Usaha Kecil Edisi 5 Buku 2. Jakarta:
Penerbit Salemba Empat, 2009.
IV. PENILAIAN
Butir penilaian terdiri dari :
A.
Tugas mandiri (Teori &
Praktik)
Mahasiswa mampu mengerjakan
membuat resume tentang mata kuliah Kewirausahaan dari awal sampai akhir
B.
Tugas kelompok (Teori &
praktik)
Mahasiswa secara kelompok membuat
rancangan usaha.
C.
Presentasi Kelompok
Presentasi kelompok dari
rancangan usaha kelompok
D.
Laporan Akhir
Ujian akhir semester dilaksanakan
diakhir perkuliahan bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi
mahasiswa.
TABEL BOBOT PENILAIAN
No.
|
Jenis Penilaian
|
Skor Maksimum
|
1
|
Kehadiran dan partisipasi
kuliah/praktik
|
10
|
2
|
Tugas mandiri
|
10
|
3
|
Tugas kelompok
|
20
|
4
|
Presentasi Kelompok
|
20
|
5
|
Laporan Akhir
|
40
|
Jumlah tambahan
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar