Good News

Sabtu, 11 Februari 2017

Silabus Entrepreneurship oleh Hengki Wijaya

DESKRIPSI MATA KULIAH


Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk mempelajari bagaimana para hamba Tuhan dan jemaat dapat mempromosikan dan mendukung  pembentukan bisnis baru yang nantinya meningkatkan pendapatan jemaat yang berdampak pada gereja secara umum. Daripada mencari bisnis yang ada atau mengandalkan bantuan instansi pemerintah untuk menghasilkan lapangan  pekerjaan,  maka melalui kuliah ini ada pertanyaan yang harus digumuli oleh mahasiswa “apa yang bisa dilakukan gereja?” Tidak adanya kesempatan kerja dalam jemaat terutama jemaat di daerah urban (pinggiran kota) dan pedalaman menimbulkan kesenjangan dan kemiskinan.  Oleh karena itu, perlu adanya pemberdayaan jemaat lokal dengan memanfaatkan karunia-karunia dan keterampilan untuk menjadi usaha melalui kewirausahaan (entrepreneurship). Di mulai dari insiatif  gereja untuk mengembangkan jemaatnya dengan keterampilan, pengalaman, jaringan, sumber daya untuk membantu saudara-saudara mereka menemukan atau membuat yang bisnis baru dan peluang kerja. Kuliah  ini akan meletakkan dasar untuk kewirausahaan berdasarkan studi Alkitab, teologi, dan etika. Apa yang Alkitab ajarkan tentang realitas dan tujuan kerja, kepemimpinan, uang, komunikasi dan topik-topik terkait? Dan apa etika Kristen mengajarkan kita tentang membangun budaya kerja yang sehat, mengatasi kesulitan, dan melakukan hal yang benar di mata Allah? Berdasarkan landasan teologis yang kuat ini akan menjadi program lokakarya praktis bagi para hamba Tuhan saat ini dan masa depan dan pemimpin gereja untuk membantu orang percaya menciptakan lapangan kerja dan perusahaan.

TUJUAN MATA KULIAH

1.       Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup Entrepreneurship
2.       Mahasiswa dapat menjelaskan nilai-nilai kewirausahaan yang mungkin dapat dikembangkan dari potensi dirinya dan perspektif etika Kristen tentang hamba Tuhan dan kewirausahaan.
3.       Mahasiswa dapat mengembangkan ide-ide menjadi wadah entrepreneurship.
4.       Mahasiswa mampu membuat produk atau konsep yang dapat dikembangkan oleh gereja dan jemaat.
5.       Mahasiswa mampu menjelaskan bentuk pelayanan yang diberikan
6.       Mahasiswa mampu melakukan perencanaan,pengelolaan.pengembangan dan sistem pengawasan bagi sumber daya manusia termasuk di dalamnya tim kerja untuk mendukung usaha yang dilakukan.
7.       Mahasiswa mampu mengidentifikasi kepemimpinan  yang dibutuhkan di wirausaha.
8.        Mahasiswa mampu mengidentifikasi potensi diri sebagai wirausaha.
9.        Mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor pemicu suksesnya wirausaha
10.    Mahasiswa mampu mengidentifikasi peluang usaha.
11.    Mahasiswa mampu menganalisis terhadap suatu usaha dengan metode SWOT.
12.    Mahasiswa mampu membuat rancangan Usaha (Bisnis Plan).
13.     Mahasiswa mampu mempresentasikan rancangan usaha sehingga dapat mendapatkan dukungan dana atau franchise.
14.     Mahasiswa dapat membuat proposal usaha dalam bentuk laporan untuk mencari tambahan dana yang nantinya dapat memperluas jangkauan usaha.

III. KEPUSTAKAAN


Drucker, Peter F. Innovation and Entrepreneurship Practice and Principles. New York: HarperCollins Publisher Inc., 1985.
Matheus, Jonathan. “Laporan Kewirausahaan Kopertis IX.” Makassar: STT Jaffray, 2016.
Rusdiana, H. A. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Scherdin, M. and Ivo Zander. Ed. Art Entrepreneurship. Massachusetts: Edwar Elgar Publishing Limited, 2011.
Slamet, F., Hetty Karunia Tanjungsari, Mei le. Dasar-dasar Kewirausahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks, 2016.
Stückelberger, Ch., Cui Wantian, Teodorina Lessidrenska, Wang Dan, Liu Yang, Zhang Yu, Entrepreneurs with Christian Values Training Handbook for 12 Modules. Geneva: Globethics.net, 2016.
Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, Purwanto S. K., Maman Faturohman. Kewirausahaan: Membangun Usaha SuksesSejak usia Muda. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2007.
Zimmerer, Thomas W., Norman M. Scarborough dan Doug Wilson. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil  Edisi 5 Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2008.
Zimmerer, Thomas W., Norman M. Scarborough dan Doug Wilson. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil  Edisi 5 Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2009.

IV. PENILAIAN

Butir penilaian terdiri dari :
A.     Tugas mandiri (Teori & Praktik)
Mahasiswa mampu mengerjakan membuat resume tentang mata kuliah Kewirausahaan dari awal sampai akhir
B.     Tugas kelompok (Teori & praktik)
Mahasiswa secara kelompok membuat rancangan usaha.
C.     Presentasi Kelompok
Presentasi kelompok dari rancangan usaha kelompok
D.     Laporan Akhir
Ujian akhir semester dilaksanakan diakhir perkuliahan bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi mahasiswa.

TABEL BOBOT PENILAIAN

No.
Jenis Penilaian
Skor Maksimum
1
Kehadiran dan partisipasi kuliah/praktik
10
2
Tugas mandiri
10
3
Tugas kelompok
20
4
Presentasi Kelompok
20
5
Laporan Akhir
40
Jumlah tambahan
100


Tidak ada komentar:

Posting Komentar