Good News

Kamis, 05 November 2015

Definisi Jurnal: Jurnal lokal, jurnal nasional, jurnal akreditasi, jurnal internasional, jurnal internasional bereputasi

jurnal/jur·nal/ n 1 (buku) catatan harian; 2 surat kabar harian; 3 Dag buku yang dipakai sebagai buku perantara antara buku harian dan buku besar; 4 Dag buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu; 5 majalah yang khusus memuat artikel dalam satu bidang ilmu tertentu;
-- olahraga catatan mengenai olahraga (http://kbbi.web.id/jurnal).

Jurnal merupakan suatu kutipan dari laporan di dalam jurnal terdapat point-point penting dari laporan tersebut. Terdapat berbagai jurnal ilmiah yang mencakup semua bidang ilmu, juga ilmu sosial dan humaniora. Penerbitan dalam bentuk artikel ilmiah biasanya lebih penting untuk bidang ilmu pengetahuan alam maupun kedokteran dibandingkan dengan bidang akademik lain.


Definisi
Jurnal cetak  adalah  jurnal yang ditulis oleh beberapa penulis dan disebarkan dengan melalui hasil cetak. Jurnal cetak juga diakreditasi dengan melampirkan nama-nama mitra bebestari dan bukti-bukti pemeriksaan jurnal dan aturan akreditasi yang ditetapkan oleh dikti. Namu mulai April 2016 maka akreditasi jurnal cetak mulai ditiadakan dan diganti dengan jurnal online (e-Journal) yang tentunya dengan ISSN yang berbeda dengan jurnal cetak.
Jurnal Online.  Untuk membedakan jurnal online yang benar dengan definisi yang sempit maka ada dua definisi jurnal online yang dipahami. Pertama, jurnal online adalah jurnal yang dapat diakses secara online yang biasanya ditempatkan pada website jurnal atau institusi. Jurnal ini bisa dikatakan seperti jurnal cetak yang berfokus pada hasil yang di-online-kan. Juga memiliki mitra bebestari. Namun kedua,  jurnal online yang sesungguhnya apabila jurnal tersebut memiliki proses secara sistem dalam pengelolaannya yang online (dalam hal ini ada proses antara penulis- editor – mitra bebestari melalui e-mail dan proses keputusan diterima, diperbaiki atau ditolak. Hal ini tergantung pelaksana jurnal dan sistem yang digunakan. Perlu Anda ketahui bahwa jurnal online lebih mudah dikenali dan disebarkan apabila jurnal tersebut memiliki DOI ( digital object identifier). Layaknya sebuah mobil memiliki nomor STNK (DD- untuk SULSEL Makassar).
Jurnal lokal adalah sebutan yang diadakan untuk mewakili jurnal yang dipublikasi oleh institusi dengan para penulis berasal dari institusi tersebut. Semua terbitannya terdiri dari penulis dari institusi tersebut dan tidak melalui proses peer-review (mitra bebestari) atau dibaca oleh institusi sendiri dan biasanya juga tidak sebidang dengan artikel yang akan diperiksa dan dibaca.
Jurnal nasional adalah jurnal yang ditulis oleh beberapa penulis luar dan diperiksa oleh pembaca luar, namun belum terakreditasi karena mungkin belum lulus atau diajukan untuk akreditasi dan mulai diindeks  ke beberapa lembaga indeks dalam dan luar negeri.

Jurnal internasional  adalah jurnal yang menggunakan bahasa PBB (English, China dan lain-lain). Tetapi penamaan internasional bukan hanya karena bahasa tetapi karena penulisnya dari berbagai universitas di dunia dan memiliki mitra bebestari ayng handal di bidangnya. Tetapi tidak hanya sampai di situ. Jurnakl yang ditulis juga menggunakan sistem OJS (Open Journal System). Jurnal internasional ternyata jurnal lokal apabila penulis hanya bersal dari satu institusi di daerah maka dikategorikan jurnal lokal luar negeri jadi sama dengan jurnal indonesia-inggris ditulis oleh local writers from our institution.


Jurnal internasional bereputasi apabila jurnal tersebut lolos verifikasi atau indeks di Thompson reuters dan SCOPUS (yang tertinggi) dan sedang (Copernicus, DOAJ, CrossReff). Jurnal-jurnal anak bangsa Indonesia  yang terindeks di Scopus umumnya berbahasa Inggris dan berbasis science and technology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar